Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Kelompok B TK Muslimat Hayatul Wathon

  • Erli Safitri
  • Endang Purbaningrum

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di Muslimat Hayatul Wathon Jatirenggo Glagah Lamongan dilatarbelakangi oleh pembelajaran berpusat pada guru, guru banyak berargumentasi di depan kelas. Sementara, anak hanya duduk dan mendengarkan apa yang dikatakan oleh guru. Anak tidak diberi kesempatan untuk mengungkapkan apa yang telah anak ketahui untuk berbicara dan bercerita didepan kelas. Selain itu, perkembangan kemampuan berbicara kelompok BTK Muslimat Hayatul Wathon masih perlu dikembangkan lagi. Anak masih malu-malu untuk maju di depan kelas dan mengungkapkan apa yang anak ketahui. Salah satu cara yang tepat yaitu dengan menggunakan metode bermain Peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan berbicara kelompok B TK Muslimat Hayatul Wathon Jatirenggo Glagah Lamongan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre-experimental design dengan menggunakan jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik non-parametris dengan menggunakan uji berjenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs test) dengan rumus Thitung < Ttabel. Jika Thitung < Ttabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh dua variabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan berbicara anak kelompok B pada saat pretest dan posttest diperoleh nilai rata-rata pretest 14,4 dan nilai rata-rata posttest 19,1. Selanjutnya dari hasil perhitungan rumus t-test untuk sampel kecil yang saling berhubungan pada penelitian ini, menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel (0<35). Sehingga hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh metode bermain peran tehadap kemampuan berbicara kelompok B TK Muslimat Hayatul Wathon Jatinggo Glagah Lamongan.

Kata Kunci : metode bermain peran, kemampuan berbicara

Abstract

Research on children in group B in Moslem Hayatul Wathon Jatirenggo Glagah Lamongan motivated by a teacher-centered learnin , many teachers argue in front of the class . Meanwhil , children just sit and listen to what is being said by the teacher. Children are not given the opportunity to express what children know to talk and tell stories in front of the class . In addition, speech development group B Muslimat Hayatul Wathon Jatirenggo Glagah Lamongan still need to be developed further . Children are still embarrassed to come forward in front of the class and reveal what children know. One way is by using the proper method of playing Role. The purpose of this study was to analyze Effect Of Role Playing Method of Speech Kindergarten Group B Hayatul Moslem Wathon Jatirenggo Glagah Lamongan.This study uses a quantitative approach to the type of pre - experimental design using a kind of one-group pretest - posttest design. The research subjects are 17 children. If Thitung < Ttable So the results of this study variables significantly influence 2.Based on the analysis of data on children's ability to speak in group B during the pretest and posttest mean values obtained 14,4 pretest and posttest mean score of 19,1. Furthermore, the results of the calculation formula of t - test for small samples that are interconnected in this study, showed that thitung < t table ( 0 < 35 ). So the results of this study indicate that there is a method of playing a role tehadap influence speech kindergarten group B Muslimt Hayatul Wathon Jatinggo Glagah Lamongan.

Keywords : method of playing a role , the ability to speak

Published
2014-06-01
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 539