MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ENGKLE KELOMPOK ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT GEMBIRA

  • Shinta Aristawati
  • Rohita Rohita

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data studi awal yang menunjukkan kondisi kemampuan motorik kasar sebagai aktivitas otot tangan dan kaki melalui permainan anak PPT Gembira yang sangat kurang. Hal itu terlihat saat anak belum mampu berdiri dua kaki dengan seimbang, berdiri satu kaki dengan seimbang, meloncat dengan tepat dan melempar benda dengan tepat. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba menerapkan kegiatan bermain sambil belajar dengan menggunakan permainan engkle. Tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan tingkat efektivitas dalam permainan engkle terhadap meningkatkan kamampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PPT Gembira Kecamatan Tambaksari Surabaya.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Gembira Tambaksari Surabaya kelompok anak usia 3-4 tahun sebanyak 10 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan unjuk kerja sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian pada siklus I, peningkatan kemampuan motorik kasar diperoleh 70%. Hal ini menunjukan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target kriteria tindakan yang diharapkan adalah 80%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data kemampuan motorik kasar melalui permainan engkle mencapai 90%. Berdasarkan hasil data pada siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan bahwa permainan engkle dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PPT Gembira Kecamatan Tambaksari Surabaya.

Kata Kunci : motorik kasar, permainan engkle

Abstract

Background research is begun by preliminary study data results showing the condition of the motor ability of muscle activity as rough hands and feet through the children's games are very less in PPT Gembira. It looks when children have not been able to stand on two legs with balance, stand on one foot with balanced, leaping and throwing objects appropriately. Based on those rights, the researcher tries to apply learning-play activities by using engkle. The purpose of this research was to describe activities and effectiveness level engkle game in improving rude motor ability in group of children age 3-4 years old at PPT Gembira Tambaksari Surabaya. This research uses a class action research carried out in the form of a cycle. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. The subjects are 10 children that consist of 5 boys and 5 girls at PPT Gembira Tambaksari Surabaya. This research was done by 2 cycles that each cycles done with twice meetings. Techniqueof collection data are observation and working showed while technique of analyzing data uses percentage count. Based on the study in the 1st cycle, the motor ability become increased 70%. This study shows a class action has not been successful because the action research target specified for obout 80%, this study continutes on the 2st cycle. In 2st cycle to obtain data on the increase rude motor ability increased in chain reaches 90%. So, it can be concluded that the implementation of engkle game is able to improve rude motor ability in group of children age 3-4 years old at PPT Gembira Tambaksari district Surabaya.

Keywords: Rude Motor, engkle game

Published
2014-06-01
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 96