MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TK WIDYA BHAKTI ASEMROWO

  • Sri Idawati
  • Rohita Rohita

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK Widya Bhakti Asemrowo Surabaya dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan anak dalam mengenal pola yang ditandai dengan ketidakmampuan anak dalam menyusun dan mengurutkan pola berikutnya. Oleh karena itu perlu dilakukan variasi pembelajaran dengan metode yang tepat, salah satunya dengan metode pemberian tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas anak dalam kemampuan mengenal pola melalui metode pemberian tugas dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal pola pada anak kelompok A TK Widya Bhakti Asemrowo Surabaya melalui metode pemberian tugas. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research class) yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Widya Bhakti Asemrowo Surabaya, yang berjumlah 15 anak,, terdiri 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh data kemampuan mengenal pola 46,7%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target kriteria keberhasilan yang diharapkan 80%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data kemampuan mengenal pola mencapai 86,7%. Berdasarkan hasil data pada siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola.

Kata kunci : mengenal pola, pemberian tugas

Abstract

The study to the students of group A in Widya Bhakti in Asemrowo Surabaya is based on the weaknesses of recognizing pattern student capability. Based on problem above, taken a solution that will be given through giving duty method. The purpose of this research is to describe children activity in recognizing pattern ability through giving duty method and to describe giving duty method for increasing ability in recognizing pattern for Group A children in Widya Bhakti Kindergarten Asemrowo Surabaya.  This research used Classroom Action Research (action research class) is designed in the form of a repeating cycle. Each cycle comprises four phases: action, observation and reflection. The subjects in this study were group A children Widya Bhakti Kindergarten Asemrowo surabaya, with total 15 children that consisted 7 boys and 8 girls. Collecting data technique that used was statistical descriptive that is a kind of research that used for describing the fact in accordance with the narrated numerical data that obtained, by purpose to find out the increase in recognizing.  From the research in the I st cycle increase ability in reconizing patren known that children activity in cycle I 46,7%. This study shows a class action has not been successful because the target specified for obout 80%, this study continutes on the 2st cycle. In 2st cycle to obtain data on the increase ability in recognizing pattern increased in chain reaches 86,7%. So, it can be concluded that giving duty method can increase ability of children in recognizing pattern.

Key word: Recognizing pattern, giving duty

Published
2014-06-01
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 2829