PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI KELOMPOK A DI TK ANEKA RIA

  • Ajeng Putri Kartika Sari
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK Aneka Ria Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak kelompok A dalam mengenal bentuk geometri. Hal ini terlihat dari 14 anak, 9 diantaranya masih belum bisa mengenal bentuk geometri dengan benar. Hal ini disebabkan karena kondisi sekolah yang kurang memanfaatkan APE dengan baik, sehingga anak kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti memilih salah satu media pembelajaran yaitu media puzzle agar anak bisa terlibat aktif dalam pembelajaran mengenal bentuk geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap kemampuan anak mengenal bentuk geometri kelompok A di TK Aneka Ria.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre experimental design dan jenis penelitian one-group pretest–post-test design. Subyek penelitian ini adalah semua anak kelompok A TK Aneka Ria Lamongan dengan jumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan  statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus t hitung < t tabel, dimana jika t hitung < t tabel maka hasil penelitian ini signifikan adanya pengaruh antar dua variabel.

Berdasarkan hasil penelitian rata-rata sebelum treatment adalah 5,42, sedangkan hasil penilaian rata-rata setelah treatment adalah 7,21. Hasil uji jenjang bertanda Wilcoxon menunjukkan t hitung adalah 0 dan t tabel adalah 21 dengan taraf signifikansi 5%. Dimana t hitung < t tabel yaitu 0 < 21, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Media Puzzle terhadap kemampuan anak mengenal bentuk geometri.

 

Kata kunci : media puzzle, kemampuan kognitif, mengenal bentuk geometri

 

Abstract

This research is conducted at A group of kindergarten Aneka Ria motivated by low cognitive ability of children in group A in recognizing geometric shapes. This is evident from the 14 children, 9 of them are still not able to recognize geometric shapes correctly. This is due to poor school conditions utilizing APE well, so the child is less interested in the learning activities. The purpose of this study was to determine the effect of media on children's ability to know the puzzle of geometric shapes in kindergarten group A Aneka Ria.

The research uses quantitative research approachby usings pre experimental and pretest-posttest one group design. The subjects of this study were all kindergarten children in group A Aneka Ria Village Displays Sukodadi District of Lamongan. The subjects are 14 children. The data collecting technic used observation and documentation. Analysis of the data used non-parametric statistic was level test the Wilcoxon,therefore t count < t table it can be conclude that the result of this research has an effect between two variables.

Based on the average result of the study before treatment was 5,42 while the median assessment is 7,21. Wilcoxon test result showed marked levels of t count 0 and t table 21 with a significance level of 5%. Where t count < t table so H0 rejected and Ha accepted. It is concluded that there is a significant effect of Media puzzle  for recognize geometric shapes

Keywords : media puzzle, cognitive abilities, recognize geometric shapes

Published
2014-06-01
Abstract Views: 87
PDF Downloads: 585