PENINGKATAN KEMAMPUAN PERKEMBANGAN MORAL MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA I CARANGWULUNG

  • Ani Muslimah
  • Dewi Komalasari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan kemampuan perkembangan moral anak usia 5-6 tahunTK Dharma Wanita I Carangwulung yang masih rendah. Terbukti bahwa mereka masih banyak yang belum bisabersikap hormat pada guru, berbicara masih kurang sopan dengan nada tinggi (membentak). Selama ini gurumenggunakan metode yang tidak bervariasi. Peneliti menggunakan metode sosiodrama untuk menyelesaikanpermasalahan tersebut. Pengamatan peneliti dalam kegiatan peningkatan kemampuan perkembangan moral anakusia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita I Carangwulung dari 18 anak, hanya sekitar 17% (3 anak) yang mencapaikemampuan perkembangan moral dengan tindakan dengan penerapan metode sosiodrama. Peneliti ini bertujuanuntuk meningkatkan perkembangan moral pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita I Carangrwulungmelalui metode sosiodrama.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang dirancangdalam bentuk siklus berulang yang terdiri dari 4 tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyekdari penelitian ini adalah kelompok A di TK Dharma Wanita I Carangwulung yang berjumlah 18 anak.Teknikpengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakanstatistik deskriptif.Dari hasil analisis data peningkatan kemampuan peningkatan perkembangan moral anak pada siklus Idiperoleh data hasil observasi aktifitas anak 57% dan hasil observasi kemampuan perkembangan moral anak50%. Hal ini menunjukkan penelitian belum berhasil karena belum mencapai kriteria tindakan yang diharapkan≥ 80%, sehingga penelitian ini harus berlanjut pada siklus II. Pada siklus II didapatkan data hasil observasiaktifitas anak 90% dan hasil observasi kemampuan perkembangan moral anak (anak mampu berbicara sopantanpa berteriak kepada guru, orang tua dan orang yang lebih tua) mencapai 84%. Berdasarkan hasil data siklus IImaka dapat disimpulkan penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan perkembangan moralanak.

Kata Kunci: Pekembangan Moral, Metode Sosiodrama.

ABSTRACT

Classroom Action Research was conducted in kindergarten Dharma Wanita I Carangrwulung hat theinitial conditions researchers noticed that children's level of moral development is still low. Proving that they are still a lot who can not be respectful to the teacher , speaking irreverent tone still high ( snap ) . Teacher isusing a method that does not vary . Researchers using methods to address these problems sosiodramaresearcher observations in the nature of moral development enhancements 5-6 year olds in KindergartenDharma Women I Carangwulung of 18 children , only about 17 % ( 3 children) who achieved a social emotionwell, while expectations to be achieved is 80 % . Thus, this should be done by applying the method sosiodramaaction. Researcher aims to enhance moral development in children aged 5-6 years in kindergarten DharmaWomen I Carangrwulung potentials through sosiodrama method.This study uses the research of class action . Research planned class action in the form of repeatedcycles consisting of 4 components namely Article 5 stages , action , observation , and reflection . The subjects ofthis study are a cluster in FY Dharma Women I Carangwulung totaling 18 anak.Teknik data collection usingobservation and documentation, while the analysis of the data using descriptive statistics . From the results of data analysis increases the capability of increasing moral development cycle I obtained dataon the results of observation activities, children 57 % and yield observation capability moral development 50 %.This show has not worked because the research has not reached the desired action criteria ≥ 80 % , sothis research should continue to cycle II . In cycle II data obtained yield 90% of child observation activities andresults of observation capability moral development of children ( children can talk without shouting courteousto teachers, parents and elders ) reached 84 % , which in turn will be concluded that the application of themethod can improve the ability sosiodrama moral development primarily in terms of being respectful

Keywords : Moral Developments , Sosiodrama method .

Published
2014-06-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 104