PENERAPAN AKTIVITAS MELIPAT KERTAS 2-4 LIPATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A TK ISLAM MUTIARA SURABAYA

  • SUAIDAH

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya perkembangan motorik anak tidak maksimal, khususnya motorikhalus masih belum berkembang secara optimal. Mengarah pada alternatif pemecahan masalah, makadilakukan penelitian ilmiah yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rumusan permasalahanyang akan dibahas pada penelitian ini, bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak usiadini pada kelompok A di TK Islam Mutiara, setelah mendapatkan pembelajaran melalui proses aktivitasmelipat kertas lipat 2-4 lipatan, dengan tujuan dapat Mendeskripsi peningkatan keterampilan motorikhalus anak usia dini kelompok A TK Islam Mutiara, setelah mendapat perlakuan pembelajaran melaluiaktivitas melipat kertas lipat 2-4 lipatan.

kata kunci: aktivitas melipat kertas, kemampuan motorik halus

Abstract

Something which can cause children’s fine motoric skill development is not maximal is they stilllack of stimulation for the children's fine motoric skill development. To solve this problem, the researcherconducted a classroom action research, the research problem discussed in this research is how theimprovement of children's fine motoric skill development at A group of Islam Mutiara kindergarten afterthey are given learning process through folding paper in 2-4 times. The purpose of this research is todescribe the improvement of children's fine motoric skill at A group of Islam Mutiara kindergarten afterthey are given learning process through folding paper in 2-4 time.

keywords: folding paper activity, fine motor skill

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 502