Peningkatan Kemampuan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Sains pada Kelompok A Di TK Dharma Wanita Tangunan Puri

  • Diah Aprili Eka Ningtias Ningtias
  • Dewi Komalasari

Abstract

Pembelajaran sains yang berhubungan dengan perkembangan kognitif anak di TK Dharma Wanita Tangunan Mojokerto pada anak kelompok A mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan anak untuk menyebutkan benda-benda mengapung, melayang dan tenggelam, salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan kegiatan sains. Kegiatan sains di TK Dharma Wanita Tangunan masih jarang dilakukan. Oleh sebab itu peneliti menggunakan kegiatan sains sebagai solusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kognitif anak melalui kegiatan sains pada kelompok A di TK. Dharma Wanita Tangunan Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk siklus berulang yang terdiri atas 4 tahapan : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Dharma Wanita Tangunan dengan jumlah 15 anak, terdiri atas 6 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian siklus I kemampuan perkembangan kognitif diperoleh 57%. Hal ini menunjukkan penelitian belum berhasil karena belum mencapai kriteria tindakan yang diharapkan ≥ 80%. Sehingga penelitian ini harus berlanjut pada siklus II. Pada siklus II hasil observasi perkembangan kognitif anak 82% dan sudah mencapai kriteria tindakan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan sains dapat meningkatkan kemampuan perkembangan kognitif anak kelompok A di TK Dharma Wanita Tangunan Mojokerto.

Kata-kata kunci: Perkembangan kognitif, Kegiatan Sains

Abstract Science learning related to the cognitive development of children in Dharma Wanita kindergarten Tangunan Mojokerto at group A of children is still low and have difficulty in developing thechild's ability to name float objects, flying and sink. One effort to over come these problems is to apply science activities. Science activities in Dharma Wanita kindergarten Tangunan Mojokerto still rare. Therefore, then Researchers use science activities as a solution. The purpose of this study was to determine thecognitive development of kindergartens children in group A through science activities. This study uses action research with repeated cycles form which consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. Subjects were children in group A Dharma Wanita kindergarten Tangunan Mojokerto as many as 15 children, consisting of 6 men and 9 women. Data collection techniques used observation and documentation. Analysis using descriptive statistics. Based on the results obtained in Cycle 1 child cognitive development ability by 57%. This study has successfully demonstrated because it has not reached the expected action criteria ≥ 80%. So this research should continue to cycle 2. In cycle 2 the data obtained on the observation cognitive development of children by 82% and have reached the criteria of what you expect. Based on the analysis of data from cycle 2 this study successfully and it can be concluded that science activities can improve cognitive development of group A of kindergarten children in Dharma Wanita kindergarten Tangunan Mojokerto.

Keywords : Cognitive development , Science activities

Published
2014-06-01
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 582