Meningkatkan Kemampuan Sosial Melalui Metode Outbound Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT Umi Qolbu

  • Samik Samik
  • Rohita Rohita

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data studi awal yang menunjukkan kondisi kemampuan sosial anak di PPT Umi Qolbu Rungkut Surabaya yang sangat kurang. Hal ini terbukti anak masih belum mampu sabar menunggu giliran, menunjukkan sikap toleransi, berbagi alat main, memberikan kesempatan bermain pada teman. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba menerapkan kegiatan dengan metode outbound .Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, anak, dan peningkatan belajar anak melalui metode outbound. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research class) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri 4 atas tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Umi Qolbu Rungkut Surabaya kelompok usia 3-4 tahun sebanyak 20 anak, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I yang diperoleh data dalam kemampuan sosial anak dalam metode outbound 67.5%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target kriteria tindakan adalah 80%, maka penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data kemampuan sosial mencapai 92.5%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa metode outbound dapat meningkatkan kemampuan sosial.

Kata kunci : Kemampuan sosial, Metode Outbound

Abstract   The background study of this research is began by earlier researched data that showing the lack of social ability of PPT Qolbu’s Children. This is proofed by their impatience when they are waiting for their turn, showing tolerance, sharing playing tools, and giving playing chance to others. Based on that, researcher tried to apply the outbond method. The aim of this research is describing teacher and children’s activity, and also the improvement of children’s learning through the outbond method. This research used class action research that is arranged in repeated cycle. Each cycle consist of 4 steps, they are: planning, action, observation, and reflection. Subjects of this research are 20 childrens of PPT Umi Qolbu Rungkut Surabaya, 3-4 years old; consist of 9 boys and 11 girls. The data collection techniques are observation and documentation. Analysis of data thenicque this research is analyzed using descriptive statistic. Base on the research in the I st cycle increased social ability of the method outbound 67,5%. This study showed class action has not been successful because the target criteria action specified for obout 80%, this study continutes on the 2st cycle. In 2st cycle found the social ability increased in chain reaches 92,5%. So, it can be concluded that outbound method is an effectived method that able to improve social ability of 3-4 years old children in PPT Umi Qolbu.

Keywords : Social ability, Outbound method.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 673