PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK ABA

  • Amira Putri Perdaningsari
  • Andi Kristanto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan sains anak kelompok A di Taman Kanak-kanak ABA Danunegaran Yogyakarta, yang masih berpusat pada guru. Kesempatan bagi anak-anak untuk terlibat langsung menemukan informasi disekitar mereka masih terbatas. Hal ini menyebabkan kemampuan sains anak masih rendah. Oleh karena itu, keterampilan sains anak harus dikembangkan dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satu cara yang tepat adalah pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok A di TK ABA Danunegaran Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental designs dengan jenis the non equivalent pretest-postest designs. Subjek penelitian ini terdiri atas 13 anak kelas A1 dan 13 anak kelas A2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentai, dan hasil perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan Mann Whitney U-Test dimana jika Uhitung < Utabel, maka penelitian ini signifikan. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan sains pada saat pretest dan setelah diberi perlakuan posttest menggunakan model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata hasil pretest kelompok eksperimen 5,30 dan kelompok kontrol 5,38 serta rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen 8,53 dan kelompok kontrol 6,84. Hasil perhitungan dengan Mann Whitney U-Test diperoleh Uhitung = 0 lebih kecil dari Utabel = 39, Ha diterima karena Uhitung < Utabel (0 < 39) sedangkan Ho ditolak karena Uhitung > Utabel (0 > 39). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok A di TK ABA Danunegaran Yogyakarta.

Kata kunci: Kemampuan sains, Model pembelajaran inkuiri.

Abstract  This research based on the learning process to development A group children scientific skill at ABA kindergarten which is still teacher centered. The chance for the children to involve directly to found their own information is low. Therefore, the children scientific skill must be develop by using appropriate way. The appropriate way is inquiry learning. This research aim to know how the model of inquiry learning effect on the ability of scientific in A group children at ABA Danunegaran kindergarten Yogyakarta. This research use quasi experimental design by using the non equivalent pretest-posttest design. The subjects of this research are 13 children in class A1 and 13 children in class A2.The data collecting techniques are observation, documentation, and the treatment result. The data is analyzed by using data analysis technique mann whitney u-test with the formula Ucount <Utable, the results of this research significant. Based on the data analysis about scientific skill in the pretest and after given treatment in the posttest by inquiry learning, the average pretest score in the experiment group is 5,30 and for controlled group is 5,38. It becomes 8,53 for the experiment group and 6,84 for controlled group in the posttest. The result by using Mann Whitney U-Test shows that Ucount = 0, it smaller than Utable = 39. The conclusion is Ha is accepted because Ucount < Utable (0<39), Ho is rejected because Ucount > Utable (0>39). The final coclusion of this research shows that inquiry learning affects significantly to the A group children scientific skill at ABA Danunegaran Kindergarten Yogyakarta. .

Keywords: Ability of Scientific, Inquiry learning model.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 188