PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LOTTO WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK PKK I GINTUNGAN

  • Sisca Asria Sukarelawanto
  • Julianto Julianto

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak PKK I Gintungan dilatarbelakangi rendahnya kemampuan anak dalam  mengenal warna. Guru belum pernah menerapkan pembelajaran dengan bantuan media yang berorientasi pada pembelajaran konsep warna dan hanya terpaku pada buku kegiatan tanpa adanya praktek langsung yang dilakukan anak, sehingga kemampuan kognitif terutama dalam konsep mengenal warna primer anak masih kurang. Diharapkan dengan media lotto warna ini kemampuan kognitif anak dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media lotto warna terhadap kemampuan kognitif anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Subyek yang digunakan adalah kelompok A dengan jumlah sebanyak 19 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik dengan tabel penolong Uji Tanda Wilcoxon, dimana jika  < maka hasil penelitian ini signifikan.

Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan media lotto warna terhadap kemampuan kognitif anak diperoleh perbedaan kemampuan kognitif sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan dengan media lotto warna. Dalam perhitungan dengan tabel penolong uji tanda wilcoxon diperoleh  = 190 dan dengan taraf kesalahan 5 %, n = 19 maka nilai = 46. Maka dinyatakan  ditolak dan  diterima. Simpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh penggunaan media lotto warna terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok A di TK PKK I Gintungan.

Kata kunci : Media lotto warna, Kemampuan kognitif, Kelompok A.

Abstract This research is conducted at A group of PKK I Gintungan Lamongan Kindergarten based on the fact that the children’s skill in recognizing the color is still low. The teacher doesn’t applied the media in the learning process of color concept and the teacher only focuses on the activities handbook without having directly practice conducted by the children, therefore the children’s cognitive especially in recognizing the primary color, is still very less. The use of color lotto is expected to improve children’s cognitive skill. This research aims to aded effect of color lotto for the children’s cognitive skill.

This study used quantitative research approched using pre-eksperimentally and one-group pretest-posttest design. The subjects of the research are 19 children of A group. The data collecting methods are observation. The data analysis techniques used is non parametric statistic by using Wilcoxon test, therefore < it can be conclude that the result of this research is significant.

Based on the study result about the use of color lotto for the childen’s cognitive skill, it showed that there is difference of children’s cognitive skill before and after they are given treatment by using color lotto. By using the Wilcoxon test table, = 190, the error level of 5%, n = 19 and = 46. It states that is unaccepted and is accepted. It can be concluded that there is an effect of color lotto for the children cognitive skill at A group of PKK I Gintungan Lamongan Kindergarten.

Keywords : Color lotto, Cognitive skill, A group
Published
2014-06-01
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 727