PENERAPAN BERMAIN BANGUN GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 KELOMPOK A TK BINA ANAPRASA

  • SRI FATMAWATI

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh anak kelompok A TK Bina Anaprasa yakni, rendahnya pengembangan salah satu aspek dari kemampuan kognitif khususnya pada penguasaan konsep membilang 1-10. Hal tersebut dapat dibuktikan pada pengamatan studi awal (refleksi awal), yang menunjukkan rendahnya tingkat pencapaian pengembangan kemampuan pada indikator membilang 1-10. Bermula hal tersebut, guru berupaya menemukan solusi pemecahan masalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan perlakuan 2 (dua) siklus, yang didukung dengan pemanfaatan bermain bangun geometri.Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba merumuskan permasalahan akan dibahas pada penelitian ini, yaitu Bagaimanakah tingkat capaian bidang pengembangan kemampuan membilang 1-10 pada anak kelompok A TK Bina AnaPrasa Rungkut Surabaya, melalui penerapan bermain geometri, dengan tujuan Ingin mengetahui seberapa besar tingkat capaian perkembangan kemampuan membilang 1-10 pada anak kelompok A TK Bina AnaPrasa Rungkut Surabaya melalui penerapan bermain geometri.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, guna mengamati kemampuan guru dan mengamati aktivitas anak. Yang didukung dengan teknik analisa data berbentuk analisis tabulasi yang dihitung secara matematis dengan menggunakan rumus statistik sederhana. Hasil penelitian tingkat pencapaian perkembangan kemampuan membilang anak kelompok A TK Bina Anaprasa menunjukkan siklus I mencapai 65% dan meningkat pada siklus II mencapai 87%, dengan rata-rata peningkatan setiap siklusnya sebesar 22%. Perolehan rata-rata persentase tersebut jika dikonvermasikan dengan pedoman penyekoran, maka dapat dikatakan mampu mencapai keberhasilan yang memuaskan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kegiatan bermain bangun geometri dapat meningkatkan kemampuan membilang 1-10 pada anak pada kelompok A TK Bina Anaprasa. Penggunaan strategi bermain bangun geometri ini sebaiknya dimodifikasi dengan metode yang bervariasi agar situasi kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan.

Kata-Kata Kunci: Kemampuan membilang 1-10, bermain bangun geometri

Abstract

One of the problems faced by the children of A group at Bina Anaprasa kindergarten is they lack of cognitive skill development, especially the counting concept 1-10. It can be proven by the earlier study which shows the low achievement of counting skill 1-10. Based on that problem, the teacher tries to find a solution to solve it through a classroom action research in two cycles which is supported by the use of geometrical shape game.Based on that background knowledge, the research questions in this research was how the improvement of counting skill 1-IO for the A group at Bina Anaprasa Rungkut Surabaya is. This research aims to know the improvement of counting skill 1-10 for the A group at Bina Anaprasa Rungkut Surabaya through geometrical game.The data collecting technique used by the researcher is observation. It is used to observe teacher's ability and children's activity. To support the observation, the researcher uses tabulation as a data analysis technique. The tabulation was counted mathematically by simple statistical formula. The result shows that the children's counting skill at A group of Bina Anaprasa kindergarten is 65% in the first cycle. It becomes 87% in the second cycle. The average of the improvement is 22%. The percentage is confirmed to scores guidance, then it can be stated that the children can achieve the satisfying result.Based on the result, it can be concluded that learning process by using geometrical shape game can improve children's counting skill 1-10 at A group of Bina Anaprasa kindergarten. The use of this game will be better if it is modified by various methods, in order the teaching and learning process will be more interesting.

Keywords : counting skill 1-10, geometrical shape game.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 15