MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR KELOMPOK A DI TAMAN KANAK KANAK DHARMA WANITA PETIKEN

  • Etik Widyah Ningsih
  • Muhammad Reza

Abstract

Tujuan Taman Kanak-kanak adalah membantu meletakkan dasar kearah perkembangan sikap pengetahuan ,ketrampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Salah satu upaya untuk meningkatkan kreativitas anak adalah melalui kegiatan bermain pasir. Hal tersebut belum nampak di Sekolah TK Dharma Wanita Petiken, karena di sekolah ini lebih menekankan pada kegiatan pengembangan kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan bermain pasir untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok A di TK Dharma Wanita Petiken. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelas A TK Dharma Wanita Petiken yang berjumlah 20 anak, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I hasilnya adalah 50%. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria tingkat pencapaian perkembangan belum berhasil. Maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasilnya 85 %. Hal ini membuktikan bahwa kriteria tingkat pencapaian perkembangan sudah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan bermain pasir di TK Dharma Wanita Petiken. .

Kata kunci : Kreativitas Anak, Bermain Pasir.

Abstract

The purpose of kindergarten is helping lay the groundwork attitude towards the development of knowledge, skills and creativity that is needed by the child adjust to the environment. One effort to improve the creativity of children is through play sand. It is not yet visible in kindergarten Dharma Wanita Petiken, because at this school more emphasis on cognitive development activities. The purpose of this study is to describe the activities of play sand to enhance creativity in preschool children in group A Dharma Wanita Petiken. This research is a class action consisting of four stages: planning, implementation, observation and reflection. Subjects in this study were all children kindergarten class A Dharma Wanita Petiken totaling 20 children, data collection techniques in this study is the observation and documentation, while data analysis using descriptive statistics. Based on the analysis of data in the first cycle the result is 50%. This suggests that the criteria for the achievement levels of development have not been successful. This research is continuing on the second cycle. In the second cycle the results obtained by 85%. This proves that the criteria for the level of achievement of development has been reached. It can be concluded that there is an increase in children's creativity through playing with sand in group A Dharma Wanita Petiken

Keywords: Child Creativity, Play Sand.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 472