PENGARUH PERMAINAN FLASHCARD DI KEPALAKU TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK TUNAS HARAPAN MENONGO SUKODADI

  • Siti Musfiroh
  • Edy Rianto

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK Tunas Harapan Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan dalam hal membilang, menunjuk, dan menghubungkan lambang bilangan dengan gambar 1-10. Hal ini terlihat ketika kegiatan pembelajaran, guru meminta anak untuk menunjuk lambang bilangan di papan tulis serta mengerjakan LKA menghubungkan lambang bilangan dengan gambar terdapat 13 dari 24 anak belum mampu melakukan dengan baik. Oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak perlu dilakukan dengan menggunakan cara yang tepat, salah satunya dengan menggunakan permainan flashcard di kepalaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan flashcard di kepalaku terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus Thitung < Ttabel, dimana penelitian ini dikatakan signifikan jika Thitung < Ttabel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data Thitung = 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5% = 81 maka Ha diterima karena Thitung < Ttabel (0<81) dan Ho ditolak karena Thitung > Ttabel (0>81). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa permainan flashcard di kepalaku berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan.

Kata Kunci: Permainan, Flashcard Di Kepalaku, Lambang Bilangan

Abstract

A group of research on children in kindergarten Tunas Harapan Lamongan motivated by the lack of ability to know the symbol of numbers in terms of counting, pointing, and linking the symbol of numbers 1-10 with pictures. This is apparent when learning, the teacher asks the child to point to the symbol of numbers on the board and working LKA linking numbers with a picture of the symbol 13 of the 24 children have not been able to perform well. Therefore, to develop the ability to recognize the symbol of numbers using a child needs to be done the right way, that is by using flashcard game in my head. The purpose of this study was to determine the influence flashcard game in my head on the ability to know the symbol of numbers in kindergarten children Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan. This study uses a quantitative approach to the type of pre experiments and research design one group pretest-posttest. The research subjects are 24 children. Technique of data collection using observation. Technique analysis of the data using non-parametric Wilcoxon test marked level (Wilcoxon matched pairs test) with the formula of Tcount<Ttable, where the study was said to be significant if Tcount <Ttable. Based on the research of data obtained Tcount = 0 is smaller than Ttable with significance level of 5% = 81 so Ha accepted because of Tcount < Ttable (0 <81) and Ho is rejected because Tcount> Ttable (0> 81). Conclusion The study shows that the flashcard game in my head significantly affect the ability to recognize numbers on the symbol of A group in kindergarten children Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan.

Keywords: Games, Flashcard In My Head, Symbol of Numbers

Published
2014-06-01
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 77