PENGARUH AKTIVITAS BERNYANYI TERHADAP PENAMBAHAN KOSAKATA MENGENAL WARNA DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI LAGU “COLORS” ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI WONOSARI

  • Syelina Dwi Farindy
  • Endang Purbaningrum

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih kurangnya kosakata warna dalam Bahasa Inggris pada anak kelompok A di TK Pertiwi Wonosari. Sebagian dari mereka masih kesulitan dalam mengenal warna dalam Bahasa Inggris saat ditanya oleh guru nama warna dalam Bahasa Inggris. Hal ini dikarenakan guru kurang mengenalkan kosakata dalam Bahasa Inggris dan hanya lebih fokus pada penambahan kosakata dalam Bahasa Indonesia saja pada anak. Oleh karena itu, penambahan kosakata mengenal warna dalam Bahasa Inggris harus dikembangkan dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan aktivitas bernyanyi melalui lagu “Colors” Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh aktivitas bernyanyi terhadap penambahan kosakata mengenal warna dalam Bahasa Inggris melalui lagu “Colors” pada anak kelompok A TK Pertiwi Wonosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan jenis one-group-pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Pertiwi Wonosari yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan statistik non-parametris dengan menggunakan uji berjenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Match Pairs Test) dengan rumus Thitung < Ttabel. Jika Thitung < Ttabel penelitian ini dinyatakan signifikan adanya pengaruh aktivitas bernyanyi terhadap penambahan kosakata mengenal warna dalam Bahasa Inggris melalui lagu “Colors” anak kelompok A di TK Pertiwi Wonosari. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kemampuan kosakata anak pada pre-test 6,3 dan post-test 14,85. Hasil perhitungan dengan uji jenjang Wilcoxon diperoleh Thitung = 0 Ttabel = 52 sehingga Thitung ≤ Ttabel (0 ≤ 52). Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi aktivitas bernyanyi berpengaruh terhadap penambahan kosakata warna dalam Bahasa Inggris pada anak kelompok A TK Pertiwi Wonosari

Kata Kunci : Penambahan kosakata warna dalam Bahasa Inggis, bernyanyi

Abstract

This research was done because there was less vocabularies about colors in English that were used by students of group A in Pertiwi Kindergarten Wonosari. When the teacher asked them to mention the color of thing in English, most of the students were difficult to mention it. This matter was caused by teachers teaching way where the only focus was adding vocabulary in Indonesia lsnguage rather than in English. Therefore, the addition of color to know the vocabulary in English must be developed using the right way. One way is to use a singing activity through the song "Colors" The purpose of this study was to analyze the effect of the addition of singing activity to know the color vocabulary in English via the song "Colors" group A of Therefore, the addition of color to know the vocabulary in English must be developed using the right way. One way is to use a singing activity through the song "Colors" The purpose of this study was to analyze the effect of the addition of singing activity to know the color vocabulary in English via the song "Colors" group A of Pertiwi Kindergarten Wonosari This research uses experimental study with type-one-group pretest-posttest design. Data collection techniques used are observation, treatment and documentation participate, in which researchers directly involved in the ongoing activities. The subjects of this study were group A of Pertiwi Kindergarten Wonosari totaling 20 children. The analysis technique used is to use non-parametric statistics using the Wilcoxon signed rank test marked tiered (Wilcoxon Match Pairs test) with the formula of Tcount ≤ Ttable. Tcount ≤ Ttable this study revealed a significant. Based on the results of the study found children's vocabulary skills in the pre-test and post-test 6.3 14.85. Results calculated with the Wilcoxon test levels obtained Tcount = 0 Ttable = 52 so Tcount ≤ Ttable (0 ≤ 52), then Ho is rejected and Ha accepted. This means that the hypothesis singing activities affect the addition of color vocabulary in English to a group of kindergarten children Pertiwi Wonosari

Keywords : Improving English color vocabulary, singing

Published
2014-06-01
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 476