PENGARUH MEDIA REALIA TERHADAP KETERAMPILAN MENGGAMBAR ANAK KELOMPOK B DI TK THOMAS MATUALESI

  • Dwi Erniya
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan untuk mengembangkan keterampilan menggambar di TK Thomas Matualesi Tambahrejo Kanor Bojonegoro yang dalam kegiatan menggambarnya guru kurang memberikan penjelasan dan kurang memberikan kesempatan kepada anak untuk melihat langsung objek yang hendak anak gambar. Oleh karena itu, mengembangkan keterampilan menggambar dengan menggunakan media realia diperlukan untuk melatih keterampilan menggambar anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media realia terhadap keterampilan menggambar kelompok B di TK Thomas Matualesi Tambahrejo Kanor Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan rancangan one group pre-test post-test design. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non-parametriks dengan menggunakan rumus Wilcoxon match pairs test dengan rumus Thitung< Ttabel.Jika Thitung< Ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga penelitian ini signifikan adanya pengaruh media realia terhadap keterampilan menggambar anak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pre-test 166 dan post-test 218. Hasil perhitungan dengan uji jenjang Wilcoxon diperoleh nilai Thitung= 0 dan nilai Ttabel = 0,17 sehingga Thitung <Ttabel (0≤0,17). Hal ini menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah media realia berpengaruh terhadap keterampilan menggambar anak kelompok B di TK Thomas Matualesi Tambahrejo Kanor Bojonegoro diterima.

Kata kunci: Media realia, keterampilan menggambar anak.

Abstract

This research is motivated by activities to develop drawing skills in Thomas Matualesi kindergarten Tambahrejo Kanor of Bojonegoro that in the drawing activities the teachers give less explanation and opportunities for children to see the direct object that will be drawn. Therefore, developing drawing skills using real media are necessary to train children. This research to find an effectthe real media to the drawing skills at Thomas Matualesi kindergarten B students Tambahrejo Kanor Bojonegoro. This research is a pre-experimental design research with the design of one group pre-test post-test . Subjects that will be investigated in this research is 13 students. Data collection techniques using the observation.. The analysis technique that used is the technique of non-parametrics statistical analysis using the Wilcoxon matched pairs test with the formula of Tcount< Ttable,.If Thitung<Ttabel,H0 is rejected and Ha is accepted, so that this research is significant there is influence the real media of children drawing skills. Based on result of the study, the pretest have 116 scores and post-test have 218 scores.Result calculated with the Wilcoxon test levelsTcount=0 and Table=0,17so that Tcount< Ttable,(0,17) and then H0 is unaccepted and Ha is accepted. The conclusion is a the real media effect on the drawing skills to second grade in Thomas Matualesi kindergartenTambahrejo Kanor Bojonegoroare acceptable.

keywords : the real media, students drawing skills.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 105