PENGARUH MEDIA APE (PUZZLE) GABUS WARNA-WARNI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK ANAK KELOMPOK A DI TK PEMBINA PUTRA

  • Maulidatul Kutsiyah
  • Siti Mahmudah

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk yang masih rendah di TK Pembina Putra Surabaya. Sebagian besar anak sudah mengikuti play group akan tetapi dalam mengenal bentuk geometri masih rendah. Hal ini disebabkan karena guru selalu menggunakan LKA. Selain itu APE yang digunakan di TK Pembina Putra terbuat dari kayu dan plastik yang beredar di pasaran dan belum teruji keamanannya untuk anak. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan media APE (puzzle) gabus warna-warni yang bahannya aman bagi anak, tidak keras dan bentuknya timbul dan medianya termasuk model tiga dimensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh media APE (puzzle) gabus warna-warni terhadap kemampuan kognitif mengenal bentuk anak di TK Pembina Putra Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalen control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Pembina Putra yang berjumlah 40 anak dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu 20 anak kelompok eksperimen dan 20 anak kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik uji beda Mann-Whitney U-Test dengan rumus Uhitung< Utable. Jika Uhitung< Utable maka penelitian ini signifikan terdapat pengaruh media APE (puzzle) gabus warna-warni terhadap kemampuan mengenal bentuk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data skor pretest dan postest kelompok eksperimen sebesar U1 (65) dan kelompok kontrol sebesar U2 (335). Sementara itu, berdasarkan tabel penolong U-test dengan tingkat signifikasi 0,05 dengan jumlah n1=20 dan n2= 20 diperoleh harga Uhitung sebesar 65 dan Utable sebesar 114. Hal ini menunjukkan harga Uhitung lebih kecil dari pada Utabel (65<114) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini adalah media APE (puzzle) gabus warna-warni berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan kognitif mengenal bentuk anak kelompok A di TK Pembina Putra Surabaya.

Kata kunci : Media APE (Puzzle) gabus warna-warni dan bentuk, kognitif

 

Abstract

The research to group A children was formed the background of children’s cognitive ability in recognizing shape which was still low in TK Pembina Putra Surabaya. Most of children had studied in play group but in recognizing shape they were still low. In addition many APE puzzles were in kindergarten used or in the shops which was made from wood and plastic sold but this APE (puzzle) media was different to others because APE used in this research was APE (puzzle) colorful cork which material was safe for children, soft, and embossed shape and the media included three dimension model. The purpose of this research was to know whether there was influence of APE (puzzle) media colorful cork toward cognitive ability of recognizing shape to children in TK Pembina Putra Surabaya or not. This research used quantitative approach with quasi experiment an Nonequivalent Control Group Design. The population was group A children in TK Pembina Putra Surabaya. The samples used were 40 children who were divided into two groups i.e. experiment and control groups chosen randomly based on the class absent number. The data analysis used statistic non parametric different test Maan-Whitney U-test by formula Thitung < Ttable. Based on the data analysis result between experimental group and control group in recognizing shape it was obtained that U1 value of experimental group was smaller than control group i.e. U2. With significant level 0.05 and the quantity n1=20 and n2=20 it was obtained table 114 so the Ucounted was smaller than Utable so that Ho was refused and Ha was accepted. It can be concluded that Ho was repused and Ha was accepted.

Keywords: APE (puzzle) media colorful cork and shape, cognitive

Published
2014-06-01
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 78