PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MELALUI BERMAIN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK A TK ARIMBI

  • Emilya Kartika Sari
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kognitif anak kelompok A TK Arimbi yang masih rendah. Hal ini terlihat saat anak menjawab pertanyaan dari guru hanya 6 anak yang mampu mengenal lambang bilangan 1-10, sedangkan 14 hanya mengenal 4 angka yang tidak berurutan. Realitas ini disebabkan karena media yang kurang menarik sehingga anak tidak terlalu mengerti. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak perlu dilakukan dengan cara yang tepat, salah satunya dengan bermain kartu angka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK Arimbi dapat meningkat melalui bermain kartu angka.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok A TK Arimbi yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.

Dari hasil penelitian kemampuan kognitif anak pada siklus I pertemuan 1 mencapai 20%, pada pertemuan 2 menjadi 40%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target yang ditentukan , maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai 65%, pada pertemuan 2 meningkat menjadi 90%. Berdasarkan data pada siklus II maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Selain itu dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak pada kelompok A TK Arimbi dapat ditingkatkan melalui bermain kartu angka.

 

Kata kunci: kemampuan kognitif, bermain kartu angka

Abstract

This research is motivated by the cognitive abilities of a group of kindergarten children Arimbi are still low. This can be seen when children answer questions from the teacher only 6 children were able to recognize the symbol of numbers 1-10, while 14 only recognizes 4 numbers are not consecutiv. This is because the media reality that is less attractive so that children do not quite understand . Therefore, to improve the cognitive abilities of children needs to be done in a proper way, one of them with a playing card numbers. The purpose of this study is to describe how the cognitive abilities of children in group A Arimbi kindergarten through playing cards can increase the numbers.

This study used classroom action research that is designed in the form of a repeating cycle. In each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were a group of kindergarten children Arimbi totaling 20 children consisting of 8 boys and 12 girls. Observation techniques used in data collection, while data analysis using descriptive statistics.

From the results of research on the cognitive abilities of children meeting the first cycle 1 to 20 %, at a meeting of 2 to 40 %. This study shows a class action is not successful because the specified target 75 %, then this research continues on the second cycle. In the first meeting of the second cycle reaches 65 %, at the confluence of 2 increased to 90 %. Based on data from the second cycle of the target is reached and the study declared successful. Moreover, it can be concluded that increasing the cognitive abilities of children in group a kindergarten Arimbi can be improved through playing cards numbers.

Keywords : cognitive ability , playing cards numbers

Published
2014-06-01
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 182