PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 KELOMPOK A TK DHARMA WANITA TUNAS MUDA

  • Nike Adtya Carolin
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Penelitian pada kelompok A ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan dalam hal membilang dengan menggunakan benda pada anak kelompok A. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan menggunakan model klasikal sehingga anak kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together yang melibatkan anak aktif  dalam  pembelajaran. Tujuan dari  penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Muda Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini  berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji jenjang Wilcoxon (Wilcoxon match pairs test) dengan rumus thitung< ttabel. Jika thitung < ttabelmaka penelitian ini signifikan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif numbered head together terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data tentang kemampuan mengenal konsep bilangan menunjukkan  rata-rata  pretest 2,4 dan  rata-rata posttest 3,27. Hasil perhitungan dengan uji jenjang Wilcoxon diperoleh thitung = 0 dan ttabel = 0,25 sehingga t hitung < ttabel (0< 0,25). Hal itu menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya adalah model kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan kelompok A TK Dharma Wanita Tunas Muda Kediri.

Kata kunci : model pembelajaran, kooperatif, Numbered Head Together, mengenal konsep bilangan.

Abstract

The research to group A in based low of ability to know in regards to the concept of counting the number of objects in a child using cluster A. This is due to the use of learning models using classical model where the child is less interested in the learning process . The purpose to be achieved in this review stages to determine the effect of cooperative learning model type Numbered Head Together with the capability of identifying the number of clusters A concept of  TK Dharma Wanita Tunas Muda Kediri regency.

This study used a quantitative research approach to the type of pre-experimental study using a one-group pretest-posttest. The subjects in this study amounted to 15 children. Data collection techniques used were observation and documentation. Data analysis techniques using non-parametric statistical test level using the Wilcoxon (Wilcoxon matched pairs test) with the formula of t <t table If tcount <t table so it can be concluded that this study found a significant effect of cooperative learning model numbered heads together on the ability of the concept of numbers 1-10.

Based on the results of the study, data on the ability of the concept of average number of pretest results of 2.4 and an average of 3.27 posttest results. Results calculated with the Wilcoxon test levels obtained t = 0 and t table = 0.25 so that t count <t table (0 <0.25) and then  Ho is rejected and Ha is accept. The conclusion is a model of cooperative numbered head together effect on the ability to know the concept of a group of numbers kindergarten Dharma Wanita Tunas Muda Kediri.

Key words : study model, cooperative, numbered head together, recognize number concept

 

Published
2014-06-01
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 103