PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN KAIN FLANEL TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK BERMAIN MELATI

  • Hanik Umayah
  • Edy Rianto

Abstract

Penelitian pada anak kelompok bermain Melati Trenggalek dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara anak dalam hal menceritakan kejadian sebelum berangkat kesekolah, dan menyebutkan tokoh-tokoh dan ciri-ciri dalam sebuah cerita. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran bercerita tentang kejadian sebelum berangkat kesekolah sebanyak 10 anak dari 14 anak kemampuan berbicaranya masih rendah. Hal ini disebabkan karena saat guru bercerita tidak menggunakan media melainkan hanya menggunakan suara. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan media boneka tangan kain flanel terhadap kemampuan berbicara anak kelompok bermain melati Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre experimental design dengan menggunakan one-group pretest posttest design. Subyek penelitian ini berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan uji jenjang bertanda Wilcoxon match pairs test dengan rumus t hitung < t tabel. Jika t hitung < t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini signifikan adanya pengaruh dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, data tentang kemampuan berbicara anak kelompok bermain diperoleh rata-rata hasil Pretest 103 dan rata-rata hasil Posttest 145. Hasil perhitungan dengan uji jenjang Wilcoxon diperoleh t hitung = 0 dan t tabel = 21, sehingga hasilnya yaitu Ha  diterima karena t hitung < t tabel (0<21) dan Ho ditolak. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh media boneka tangan kain flanel terhadap kemampuan berbicara anak kelompok bermain melati sawahan Trenggalek.

Kata kunci: Media Boneka Tangan Kain Flanel, Kemampuan Berbicara

Abstract

Research on children's play groups Melati Trenggalek background by the poor an ability to speak in terms of telling the child before leaving school , and mentions figures and characteristics in a story . This was seen at the time of learning of the incident told before leaving as many as 10 school children from 14 children's speaking ability is still low . because when the teacher told me not to use the media but only using voice . The aim of this study is to determine whether or not the influence of media use flannel hand puppets to speech child play groups jasmine Psychology. This study uses a quantitative approach to the type of pre Experimental Design using the One - Group Pretest Posttest Design . The subject of this research were 14 children . Data collection techniques using observational methods . Analysis using non- parametric statistical test levels marked with Wilcoxon Match Pairs Test with the formula t < t table . If t < t table then Ha Ho accepted and rejected , so it can be concluded that this study significantly influence two variables . Based on the results of the study , data on ability to speak child play groups gained an average of 103 results pretest and posttest average of 145 results . Calculation result obtained by the Wilcoxon test levels t = 0 and t = 21 tables , so the result is acceptable because t ha count < t table ( 0 < 21 ) and Ho is rejected . Conclusion The study shows that the influence of the media on hand puppet flannel speech on children`s play groups Melati Trenggalek.

Keywords: Flannel Hand Puppet Media, Speaking an Ability

Published
2014-06-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 401