PENGGUNAAN STRATEGI SIMAK TERKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PADA KELOMPOK B PLAY GROUP ARRIYADL BLIMBINGSARI SOOKO MOJOKERTO

  • Fitrotun Najizah
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia dini sangat penting karena bahasa sebagai dasar kemampuan seorang anak untuk meningkatkan kemampuan yang lain. Pendidik perlu menerapkan ide-ide yang dimilikinya untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak. Menggunakan strategi dan media yang mendukung pembelajaran bahasa yang beragam akan membuat anak mendapatkan pengalaman bermakna dan meningkatkan kemampuan bahasa. Selain itu pembelajaran yang menyenangkan akan menjadi hal yang diingat anak. Di dalam penelitian ini permasalahan yang mendasar adalah dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak Playgroup Arriyadl masih kurang efektif, strategi yang digunakan guru kurang menarik, sehingga kemampuan menyimak siswa belum memenuhi 76% yang diharapkan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan strategi simak terka dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dengan menggunakan strategi simak terka pada kelompok B playgroup Arriyadl dan untuk mengetahui aktifitas pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menyimak dengan penggunaan strategi simak terka.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Disetiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B Play Group Arriyadl yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.  Berdasarkan data pada siklus I di peroleh aktifitas guru sebesar 65%, aktifitas anak 72% dan hasil kemampuan menyimak anak sebesar 74%. Dari hasil siklus I maka target kriteria tindakan belum tercapai seperti yang diharapkan. Target kriteria tindakan yang diharapkan adalah ≥76 %. Oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data aktifitas guru sebesar 85%, aktifitas anak sebesar 81% dan kemampuan menyimak anak sebesar 84%. Berdasarkan data pada siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan bahwa strategi simak terka ternyata efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B Play Group Arriyadl Blimbingsari Sooko Mojokerto.

Kata kunci : Kemampuan menyimak, strategi simak terka.

 

ABSTRACT

The development of childhood language is important because language is a child’s basic ability to increase other abilities. The teachers should apply their ideas to stimulate the development of the children’s language. By using strategy and media that support the teaching learning diverse language, the children get useful experience because pleasing teaching learning activity will be a part of the children’s life.In this research, the basic problems were to increase the children’s ability in observing at Playgroup Arriyadl that was not efective, the uninteresting strategy that was used by the teacher, so the children’s ability in observing did not fulfill standar ≥ 76% that was expected by the teacher. The purpose of this research are to know the development of the children’s ability in observing by using guessing observing strategy at Group B of Playgroup Arriyadl and to know the activities teaching learning process in increasing the ability in observing by using guessing observing strategy.  This research used classroom action researchThe data were obtained through direct observation in the classroom when teaching takes place’s study uses clasroom action reserach is designed in the form of repeated cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The subject of this study were 15 children of group B of Play GroupArriyadl. Data collection techniques used observation and documentation, while data analysis using descriptive statistic. The result of this study showed in cycles I theacher observation activity 65%, the observation of children’s activity 72% the children’s ability in observing 74%, so that the result are not as expected because the target is set ≥76%. Based on data from the first cycles, this study continues on the second cycles. Result of the analysis cycles II theacher observation activity 85%, the observation of children’s activity 81% the children’s ability in observing 84%. In a result, a guessing observing strategy can increase the children’s ability in observing at group B of Play Group Arriyadl.

Keyword : Ability in observing, guessing observing strategy

Published
2014-06-01
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 188