PENGARUH OUTDOOR LEARNING MODEL TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR TEMATIK ANAK KELOMPOK B DI TK DWP RANDEGANSARI

  • Heppy Zakiatun Nissa
  • Wiwik Widajati

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B di TK DWP Randegansari dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menggambar tematik sesuai gagasan berdasarkan tema dengan bentuk yang jelas. Hal ini disebabkan karena guru menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi, tanpa diberikan pengalaman pengamatan secara langsung kepada anak. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah outdoor learning model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh outdoor learning model terhadap kemampuan menggambar tematik anak.  Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen dan nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK DWP Randegansari berjumlah 48 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik uji t independent sampel pada taraf signifikansi p<0,05, maka hasil penelitian dinyatakan signifikan. Berdasarkan hasil penghitungan SPSS IBM V.20 pada kelompok eksperimen hasil analisis pretest diperoleh 4,29 dan kelompok kontrol 4,21, sedangkan pada kelompok eksperimen hasil analisis posttest diperoleh 10,25 dan kelompok kontrol 5,38. Perhitungan menggunakan t-test independent sample hasil signifikansi p=0,00 dimana p<0,05. Berdasarkan hasil analisis data, H0 di tolak dan H1 diterima sehingga outdoor learning model berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menggambar tematik anak kelompok B di TK DWP Randegansari.

Kata Kunci : Outdoor Learning Model, Menggambar Tematik

 

Abstract

The study which was on children at group B of DWP Randegansari Kindergarten based on the problem of thematic drawing in terms to draw based on they ideas according to the theme with the clear form. This is caused by teachers using unvariance learning model without given direct observation experience. One of the learning models that can be used is outdoor learning model. This study aimed to prove the effects of outdoor learning model to the ability of thematic drawing in standart significance off p<0,05 which has result significance. This study is a quantitative research approach i.e quasi experiment research design and used nonequivalent control group design. The research subject were 48 childrens in DWP Randegansari Kindergarten . The method of data collection used observation and documentation. The statistical data analysis used parametric t-test independent sample. Based on the data analysis SPSS IBM V.20 on the experiment group in pretest result analysis was obtained 4,29 and control group 4,21,in posttest obtained 10,25 and control group 5,38. Calculations using independent sample t-test results of significance p = 0.00, where p < 0,05. Based on the analysis Ho rejected and H1 accepted it showed that outdoor learning model significantly influences the ability of thematic drawing at group B of DWP Randegansari Kindergarten

Keywords : Outdoor Learning Model, Thematic Drawing

Published
2014-06-01
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 149