MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS DALAM MENGENAL SEBAB AKIBAT BANJIR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KELOMPOK B TK MUSTIKA RINI

  • Rochaya Rochaya
  • Rohita Rohita

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data awal yang menunjukkan kondisi kemampuan sains dalam mengenal sebab akibat banjir melalui strategi pembelajaran anak di TK Mustika Rini yang sangat kurang. Hal itu terlihat saat anak belum mengetahui sebab akibat banjir dan prosesnya. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mencoba menerapkan strategi pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains dalam mengenal sebab akibat banjir melalui strategi pembelajaran berbasis proyek pada kelompok B TK Mustika Rini Rungkut Surabaya.

Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Mustika Rini Rungkut Surabaya tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, peningkatan kemampuan sains dalam mengenal sabab akibat banjir diperoleh 65%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena pencapaian tingkat perkembangan anak yang diharapkan 80%,  maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data kemampuan sains dalam mengenal sabab akibat banjir melalui metode proyek mencapai 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kemampuan sains dalam mengenal sebab akibat banjir pada anak.

 

Kata kunci : Kemampuan sains, Proyek

 

Abstract

The background of this research is begin with the result that showed a condition science ability to recognize cause and effects of flood through strategy learning for kids in mustika rini kindegarden are very low. It looks when a children didn’t know the cause and effects of flood and the process. Based on that, the researcher try to implied a strategy of learning based of project. The purpose of this research is to increase science ability for knowing cause and effects through learning strategy base project to playgroup b mustikarini kindegarden rungkut surabaya.

This kind of research is using a class action method. The subject of the research is children at Mustikarini kindegarden rungkut surabaya 2013-2014 consist of 20 children. The data collection technique are observation and documentation. Technique to analys the data are static and description.

Based on the result of the 1 cycle, the increase of science ability for knowing cause and effect of flood only 65%. It means that the research still didn’t get the true result because the criteria that  is needed is 80%, so the research is still continue to the second cycle. On the second cycle, the result came with number 85%. So we can conclude that the project method can increase the science ability to recognize the cause and effect to children

Keyword : Sains ability, Project

Published
2014-06-01
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 723