MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI BERMAIN KERETA WARNA PADA KELOMPOK BERMAIN AL-ISLAH

  • Dian Nofitasari Trijayanti
  • Muhammad Reza

Abstract

Latar belakang penelitian ini diawali oleh hasil data pengamatan studi awal yang menunjukkan kondisi minat anak ketika mengikuti kegiatan mengenal warna sangat kurang. Hal ini terbukti ketika kegiatan mengenal warna, anak merasa bosan sehingga ruangan kegiatan menjadi ramai dan anak kurang konsentrasi mengikuti kegiatan yang diberikan oleh guru. Berdasarkan masalah yang ada maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media kereta warna dalam bermain kereta warna untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna pada Kelompok Bermain Al-Islah Mojokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di dalam setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Al-Islah yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kemampuan anak dalam mengenal warna siklus I pertemuan 1 diperoleh 52%, pertemuan 2 diperoleh 62%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena target yang di tentukan adalah 80 %, maka penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 76 % dan pertemuan 2 diperoleh 90%. Berdasarkan analis data pada siklus II, pertemuan 1 dan 2 maka kriteria keberhasilan penelitian tercapai. Maka dapat disimpulkan bahwa media kereta warna dapat meningkatkan kognitif anak dalam mengenal warna di Kelompok Bermain Al-Islah Mojokerto.

Kata kunci : Kemampuan kognitif, Kegiatan bermain kereta warna.

 

ABSTRACT

The background of this research is initiated by the result of observating studies that show a children interest when join or folowing activity knowing colors became so low. This thing proved when the activity about knowing colors, the children felt bored so the activity became more noisy nad hard to concentrate when following the activity that the teacher give. Based on the problem that happen, the purpose of the research is to know the benefit of color train in order to increase the abiltity knowing colors in al-islah children playing group, mojokerto.  This research using a class action method that have been design into a repeated cycles. In this cycle, there are 4 steps. Planning, implementation, observation and reflection. The subject of this research is a al-islah children playgroup total 21. the technique for recollecting data use observation and documentation, meanwhile the analysis using description statistic.  Based on the analysis data, we obtain children ability knowing color cycle 1 meeting 1 up to 52%, meeting 2, we got 62%. This thing show us that the research of this class action are still not succesfully work because the target that have been set is 80% after we get the target, we can go to the cycle 2. In the cycle 2 first meeting, we got 76% and in the second meeting we got 90%. Based on the analysis data in the cycle 2, first and second meeting, the criteria of succes in the research is finally achieved. So we can conclude that the train color media can increase children’s cognitif for knowing color in the al-islah playgroup.

Keyword : Cognitive ability, Train color playing activity

Published
2014-06-01
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 32