UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS HARAPAN

  • Atik Fadlilah
  • Muhammad Reza

Abstract

Salah satu bidang pengembangan yang diajarkan di kelompok bermain yaitu bidang pengembangan kognitif. Pengembangan kognitif dapat diperoleh melalui kegiatan berhitung, membilang, mengelompokkan, mengenal bentuk, mengenal konsep angka dan bilangan. Didalam hal mengenal konsep bilangan anak di Kelompok Bermain Tunas Harapan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto belum maksimal. Hal ini terlihat pada kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan 1-5 dari 20 anak hanya 5 anak saja yang mampu mengenal konsep membilangnya,  sebagai guru yang memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran peneliti ingin memperbarui kondisi tersebut dengan menggunakan media gambar yang bervariasi dan menarik bagi anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 melalui media gambar pada anak Kelompok Bermain Tunas Harapan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.  Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.

Hasil dari  penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada siklus I pertemuan 1 diperoleh 45%, pertemuan 2 diperoleh 55%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas belum berhasil karena target yang ditentukan adalah 75%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 70% dan pertemuan 2 diperoleh 85%. Berdasarkan analisis data pada siklus II pertemuan 1 dan 2, maka target yang diharapkan tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada anak di Kelompok Bermain Tunas Harapan.

Kata kunci: Mengenal konsep bilangan, Media gambar

 

ABSTRACT

One of speciality development that had been taught in a playgroup is a developing cognitive. The cognitive development can be achieved through activity of calculate, counting, classifying, knowing shape, knowing numbers concept. Knowing a number concept children in playgroup Tunas Harapan Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto is not maximum. This is can be seen through studying activity knowing concept of calculating from 1-5. From 20 kids only 5 that know the concept of calculating, as a teacher that have a responsibility for studying, researcher want to remake the condition with using picture media that variativeand interesting for kids. The purpose of this research is to know the increase ability to know concept of calculating from 1-5 through picture media for kids at Tunas Harapan playgroup in mojokerto.

This research using an class action method that have been designed into a repeated cycle. Every cycle consist of 4 steps. Planning, action apply, observation and reflection. Subject in this research consist of 20 children. The collecting technique using observation and documentation, meanwhile analys data using static description.

The result from this research show that the ability knowing concept of calculating from 1-5 in 1 cycle and first meeting, we got 45%, second meeting we got 55%. From this, we can see that the class action is not succesfully worked because the targeted one is have to be more than ≥ 75%, so the research continue to the cycle 2. In the cycle 2 first meeting, we got 70% and the second meeting we got 85%. Based on the analys data in cycle 2 first and second meeting, we hit the target so this research are stated to be success. From this research, we can conclude that picture media can increase ability to knowing concept of calculating from1-5 to kids in the Tunas Harapan playgroup.

Keyword: Knowing concept of calculating, Picture media

Published
2014-06-01
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 552