PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA ANAK KELOMPOK A DI TK PERSATUAN DHARMA WANITA BALONGBENDO

  • Karina Tri Hapsari
  • Julianto Julianto

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Persatuan Dharma Wanita Balongbendo dilatarbelakangi masih banyaknya anak yang belum mampu mengenal kosakata warna karena kurangnya pengetahuan guru dalam mengenalkan kosakata warna pada anak. Metode bercerita adalah salah satu bentuk metode yang digunakan untuk mengenalkan kosakata warna pada anak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bercerita terhadap penguasaan kosakata anak kelompok A di TK Persatuan Dharma Wanita Balongbendo Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif dengan pendekatan pre-eksperimental design jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji tanda Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan SPSS type PWAS Statistic 18 License Autorhization Wizard tentang kemampuan penguasaan kosakata anak, menunjukkan bahwa hasil pretest 298 dan posttest 441. Perhitungan menggunakan uji tanda Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Z hitung sebesar 3,624 dengan tingkat signifikansi 0,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita terhadap penguasaan kosakata anak kelompok A di TK Persatuan Dharma Wanita.

Kata kunci: Metode Bercerita, Penguasaan Kosakata, Kelompok A.

 

Abstract

The research in A group Dharma Wanita Persatuan kindergarten Balongbendo based on the low of many children getting to know the vocabulary of color. This is due to the lack knowladge of teachers in introducing vocabulary of color to the children. Storytelling is one of the methods used to introduce color to the children. The purpose of this study was to determine the influence of storytelling on children's vocabulary achievement in A group Dharma Wanita Persatuan kindergarten Balongbendo Sidoarjo. The research used quantitative approach by pre - experimental in one- group pretest – posttest design. Subjects numbered 17 children. Data collection techniques used observation and documentation. Analysis data using non -parametric statistical test of Wilcoxon sign. Based on data analysis results with SPSS type PWAS Statistic 18 License Autorhization Wizard results showed that vocabulary enrichment before the treatment 298 and after using storytelling methods is 441. Result of Calculation it was shown with Z value count amount 3.624 with significance level of 0.000. So Ho is unaccepted and Ha is accepted. The results of this study concluded that there was a significant an effect of storytelling method through mastering vocabulary at A group Dharma Wanita Persatuan Kindergarten Balongbendo Sidorjo.

Key word: Storytelling Method, Mastering Vocabulary, A Group

Published
2014-06-01
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 71