PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MONTESSORI UNTUK ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI PPT ANANDA TANDES SURABAYA

  • Nindyah Suprahbawati
  • Dewi Komalasari

Abstract

Perkembangan kognitif Anak Usia Dini dibidang matematika terutama tentang konsep bilangan masih relatif rendah. Permasalahan ini disebabkan karena keterbatasan media yang ada di PPT, kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode konvensional/ceramah. Metode Montessori dengan penerapan permainan memasukkan kancing sesuai angka pada tempat yang telah disediakan merupakan suatu cara yang dapat digunakan dalam pemberian informasi tentang konsep bilangan. Penerapan metode Montessori dapat dijadikan sebagai media penunjang pembelajaran pengenalan konsep bilangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana metode Montessori dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di PPT Ananda Tandes Surabaya.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa datanya menggunakan statistik deskriptif.  Berdasarkan penelitian pada siklus 1 menunjukan bahwa hasil observasi aktivitas guru sebesar 68%, dan kemampuan anak sebesar 60%. Hasil pada siklus II menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru meningkat menjadi 89% dan kemampuan anak sebesar 90%, sehingga berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dapat ditingkatkan melalui metode Montessori di PPT Ananda Tandes Surabaya.

Kata kunci: Konsep Bilangan, Metode Montessori.

 

Abstract

The development of children cognitif at early age on matemathics subjects especially the numbers concept still relatively low. These problem caused by the limited media that provied at PPT. The class activity still using the conventional method. The montessori method with games apply are one of those plan that we can use to explain about the numbers concept about. The purpose of this resarch are to find out how far the montessori method can increase the children ability to recognized the numbers concept at PPT Ananda Tandes Surabaya.  This research are using class action method that designed with repeating cycle form which each cycle has 4 stpes; planning, action, observation and reflection. The subject of this research are children with 3-4 ged that consist of 20 children. The collecting data technique are using observation and documentation , while the analysis data are using statictical and description technique.  Based on the first shows that the observation result of the teacher activity are 68%, while the result of the children activity are only 60%. The result on the second cycle show there are increasing on the result such as; the teacher activity are increasse up to89% while the children activity are increase up to 90%.so we can jump to conclusion that the montessori method at PPT Ananda Tandes can increase the ability to recognized the numbers concept to children with 3-4 aged.

Key words: Numbers Concept, Montessori Method.

Published
2014-05-01
Abstract Views: 209
PDF Downloads: 582