MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN MENCETAK COKELAT BLOK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT SETIA HARAPAN SURABAYA

  • Nani Suprijati
  • Dewi Komalasari

Abstract

Kemampuan kognitif dibidang matematika terutama mengenai bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun di PPT Setia Harapan masih relatif rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar lebih banyak menggunakan metode konvensional/ceramah, sehingga kurang menarik perhatian anak. Bermain mencetak cokelat blok merupakan salah cara yang dapat digunakan dalam pemberian materi tentang pengenalan bentuk geometri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kegiatan bermain mencetak cokelat blok dapat meningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun di PPT Setia Harapan surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru sebesar 75%, observasi aktivitas anak sebesar 73%, dan peningkatan kemampuan anak sebesar 55%.. Hasil presentase keberhasilan yang diperoleh pada observasi aktivitas guru meningkat menjadi 94%, observasi aktivitas anak sebesar 97%, dan peningkatan kemampuan anak sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan mencetak cokelat blok dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 di PPT Setia Harapan Surabaya.

Kata kunci : Mencetak Cokelat Blok, Bentuk Geometri

 

ABSTRACK

Cognitive abilities In the field of mathematics, especially regarding the shape of the geometry in children aged 3-4 years in PPT Setia Harapan is still relatively low. This problem is caused because the teaching and learning activities using the more conventional method / lecture, making it less attractive children’s attention. Playing chocolate block printing is one way that can be used in the provision of material about the introduction geometric shapes. The purpose of this study was to determine the extent of activity play a blok of chocolate can increase print children’s ability to recognize geometric shapes in chidren ages 3-4 years old in PPT Setia Harapan. This study can use classroom action research (CAR), which is designed in the form of a repeating cycle. Each cycle consists of four stages, namely planning phase, implementation phase action, phase observation, and reflection. The ssubjects were children aged 3-4 years amounted to 20 children. Data cpllection techniques used in this research is to use observation and documentation, while the data analysis technique using descriptive statistics. Based on the results of the research in the first cycle showed that the observation of teacher activity by 75%, observation of the child’s activity by 73%, and an increase in the ability of children by 55%. The result obtained on the percentage of successful teacher observation activity increase to 94%. observation of the child’s activity 97%, and an increase in the ability of childrenn by 85%. Based on the result of this study concluded that the chocolate blok print activity can improve the ability to recognize shape of geometry in children aged 3-4 years in PPT Setia Harapan Surabaya.

Keyword : chocolate blocks, geometric shapes

Published
2014-06-01
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 149