PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MEMETIK KACANG PANJANG UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT PELANGI KECAMATAN SUKOMANUNGGAL SURABAYA

  • Ana Purwantini
  • Nurhenti Simatupang

Abstract

Perkembangan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di PPT Pelangi Kecamatan Sukomanunggal masih relatif rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar lebih banyak menggunakan metode konvensional/ceramah, sehingga kurang menarik perhatian anak. Penerapan metode pemberian tugas memetik kacang panjang merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai kegiatan belajar mengajar untuk mengembangkan motorik halus anak. Tujuan dari penerapan metode pemberian tugas memetik kacang panjang untuk mengetahui sejauh mana kegiatan memetik kacang panjang dapat meningkatkan kemampuan perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun di PPT Pelangi Kecamatan Sukomanunggal Surabaya.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengumpulan data dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 28 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian pada Siklus I diperoleh hasil kemampuan motorik halus anak 64%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena kriteria keberhasilan yang diharapkan 80%, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus 2 diperoleh hasil kemampuan mengenal pola mencapai 92%. Berdasarkan hasil data pada siklus 2, dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas memetik kacang panjang memiliki dampak positif dalam mengembangkan  kemampuan motorik halus anak di PPT Pelangi Kecamatan Sukomanunggal Surabaya.

Kata kunci : Motorik halus, Metode pemberian tugas

 

Abstract

Fine motordevelopment in children ages 3-4 years in Rainbow sub ppt sukomanunggal is still relatively low. This problem is caused because a lot more teaching and learning activities using conventional methods/lectures, so that the less attract the attention of children. application of the method of granting long nut picking is one of the ways that can be used as a teaching and learning activities to develop fine motor. the purpose of the application of the method of granting long nut picking to find out the extent to which the activities of picking long beans can improve fine motor development of children aged 3-4 years.

This research is part of class action research that consist of two cycles. Each cycle are concsist of 4 step, they are planning, stages of implementation, stage of collect data, and reflection stage. The subject of this research is children of group 3-4 years old around 28 children. The technique of collecting data that use in this research is by observing and documenting, while the technique of analyzing data use descriptive statistic.

Based on the research of cycle1, the result is fine motor ability children is 64%. It showed us that class action research is not success yet because of the achievement of success that far from expectation 80%, so this research is continue for the next cycle. In the cycle 2, the result is ability of knowing pattern is reach 92%. Based on the data on cycle 2, we can conclude that method of granting chickpeas has good side in the way of improve the ability of fine motor children in PPT pelangi Kecamatan Sukomanunggal Surabaya.

Keyword: Fine Motor, Method of granting duty

Published
2014-06-01
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 215