PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERNYANYI DENGAN MEDIA KARTU HURUF DI PPT KENANGA SURABAYA

  • Dewi Asia
  • Sri Widajati

Abstract

Kemampuan bahasa khususnya membaca huruf terutama pada anak usia 3-4 tahun di PPT Kenaga Surabayamasih relatif rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar yang selama ini diterapkan lebihbanyak menggunakan metode konvensional/ceramah dan dengan media yang kurang mampu menarik perhatian anak.Melalui metode bernyanyi merupakan suatu cara yang dapat digunakan sebagai penunjang dalam pemberian materitentang membaca huruf. Terkait dengan pernyataan tersebut di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui sejauhmana melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan anak usia 3-4 tahun dalammembaca huruf di PPT Kenanga Surabaya.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research class) yang dilaksanakan dalambentuk siklus. Setiap siklus terdiri yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian iniadalah anak usia 3-4 tahun di PPT Kenanga Surabaya, yang berjumlah 20 anak,.Teknik pengumpulan data yang dipakaiadalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif.Dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh data kemampuan membaca huruf 60%. Hal ini menunjukkanpenelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena target kriteria keberhasilan yang diharapkan 75%, makapenelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data kemampuan mengenal pola mencapai 83%.Berdasarkan hasil data pada siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyidengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf.

Kata kunci : Membaca, Bernyanyi, Kartu Huruf

 

Abstract

Language proficiency in particular reading letters especially in children age 3-4 years old in PPT Kenanga Surabaya isstill relatively low. This problem is caused due to theteaching and learning activities that had applied to more use ofmotode lectures and with a less capable media as supporting the granting of material in the reading of the letter.related to the statement above, then the purpose of this research is to know the extend to which the methodology canimprove the capability of singing children aged 3-4 years in reading letters at PPT Kenanga Surabaya. This research is conduct by action research class that held in form of cycle. Each cycle consist of: Planning, Action,Observation and Reflection. The subject of this research is children age 3-4 years old in PPT Kenanga Surabaya, amount of 20 children. The technique of collecting data which is use is observing and documenting, while the analyzingdata is use descriptive statistics.From the result of research cycle 1 is the ability of reading letters is 60%. It showed us that action research class is notsuccess yet because of the target criteria of achievement is expecting 75%, so this research is undergo for cycle 2. Incycle 2, the result is the ability of know the pattern is reach 83%. Based on the second data in cycle 2, so this researchis success and concluded that singing method with media card letters can improve the reading letters skill.

Keyword : Reading, Singing, Card Letters.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 190