PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI BERMAIN BALOK ANGKA BERWARNA DI PPT NUSA INDAH SURABAYA

  • Djulaika Djulaika
  • Sri Widayati

Abstract

Kemampuan kognitif dibidang matematika terutama mengenai konsep bilangan pada anak usia 3-4 tahun diPPT Nusa Indah masih relatif rendah. Permasalahan ini disebabkan karena kegiatan belajar mengajar lebih banyakmenggunakan metode konvensional/ceramah, sehingga kurang menarik perhatian anak. Bermain balok angka berwarnamerupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam pemberian materi tentang pengenalan konsep bilangan 1-5. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana kegiatan bermain balok angka berwarna dapatmeningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 3-4 tahun di PPT Nusa Indahsurabaya.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklusberulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, danrefleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakanstatistik deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru sebesar 58%,observasi aktivitas anak sebesar 50%, dan peningkatan kemampuan anak sebesar 61%.. Hasil presentase keberhasilanyang diperoleh pada observasi aktivitas guru meningkat menjadi 80%, observasi aktivitas anak sebesar 75%, danpeningkatan kemampuan anak sebesar 82%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermainbalok angka berwarna dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 3-4 di PPT NusaIndah Surabaya.

Kata kunci : Bermain Balok Angka, mengenal konsep bilangan

 

Abstract

 

Children cognitif ability on mathematics subject especially the recognized the numbers to children with early age atPPT Nusa Indah Surabaya still low.this problem caused by the class activity are still using the conventional methodwhich makes it has no interest point to childen. Playing with beam are one of way to teach the children about thenumbers concept. The purpose of this research are to find out how far the play beam activity can increase the ability torecognized the numbers concept .This research are using class action method that design with repeating cycle form which has 4 steps; planning,action, observation and reflection method. The subject of this research are children with 3-4 aged that consist of 18children. The collecting data technique are using the observation and documentation, while the analysis data are usingthe statictical and descriptif techniqueBased in the result of the first cycle, the precentage of how far the children know about the numbers concept are61%. The result are still not enough so we continue to second cycle. Based on the result on the second cylce, the resultof how far the children know about the numbers concept are increase up to 82 %. With this result, wr can assumed theresearch are successfull.and to sum up, we now know that we can increase the ability to recognized the numbersconcept by doing it with playing beam method

Keywords: Beam Play Method, Numbers Concept.

Published
2014-06-01
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 252