PENGGUNAAN MEDIA ALUR ANGKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN 1 - 10 PADA ANAK KELOMPOK A TK KHADIJAH KECAMATAN WONOKROMO SURABAYA

  • BERDA ASMARA

Abstract

dalam memahami sistem matematika yang abstrak dari urutan 1-10. Apabila pemahaman konsep bilangan 1-10 tersebutmengalami hambatan maka akan menghambat kemampuan dalam berhitung. Anak kelompok A adalah anak yangberusia 4-5 tahun yang harus diperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya. Anak yang mengalami kesulitan padapemahaman konsep bilangan 1-10 menyebabkan anak tidak bisa memahami bilangan. Penelitian ini dilakukan padaanak kelompok A TK Khadijah yang mengalami kesulitan dalam kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Olehkarena itu dibutuhkan latihan yang lebih untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan dan latihan tersebutdiberikan melalui penggunaan media alur angka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan tindakan kelas dengandesain penelitian yang diadaptasi dari desain penelitian Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalahobservasi dan dokumentasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dalammemahami konsep bilangan 1-10 yang dilakukan di TK Khadijah Surabaya pada kelompok A dengan jumlah 16 anakyang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Kendala yang dihadapi serta cara mengatasinya dalampelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan dengan menggunakan media alur angka.Analisis data dalam penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perubahan tindakan melalui media alur angkadalam meningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahamankonsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Khadijah yang ditunjukkan dalam siklus I dan siklus II. Skor kemampuanmengenal konsep bilangan 1-10 yang ditunjukkan dari hasil penelitian berdasarkan siklus-siklus yang ditemukan bahwasiklus II lebih besar dari siklus I. Untuk siklus I prosentase keberhasilannya 67,5%, sedangkan siklus II prosentasekeberhasilannya 87,5%, sehingga pada penelitian ini telah mencapai tingkat keberhasilannya sesuai harapan.

Kata kunci: pemahaman konsep bilangan, media alur angka

Abstract

The understanding of concept of number 1 - 10 is a good change in ability, skill, talent and power of comprehension ofabstract mathematic system from 1 - 10. If the comprehension of this concept get difficulties, it will obstruct the abilityof counting. Children of group A which is 4-5 years old must be observed their growth and development. Children whoget difficulty in understanding the concept of number 1-10 caused they cannot understand number. This research isapplied in group A TK Khadijah which get difficulty in knowing he concept of number 1-10. So, it is required moreexercises to increase the comprehension of number concept and those exercises are given through number channelmedia. This research is Classroom Action Research which is taken from Hopkins design. The collection data methodsare observation and documentation. This research aimed to increase the learning process in understanding the conceptof number 1-10 which is carried out in TK Khadijah Surabaya in group A with 16 participants included 7 sons and 9daughters. The solving problem to increase the comprehension of concept of number is using number channel media.Analyzing data in this research is done to describe the change of action trough number channel media in increasing thecomprehension of the concept of number 1-10 of children. The used analyzing data in this research is reflectionanalysis based on cycles. The result showed that there is an increase in the comprehension of concept of number 1-10group A TK Khadijah which is showed in cycle I and II. Based on this result, the comprehension of concept of numberin cycle II is more than cycle I. Cycle I got percentage 67.5% while in the cycle II is 87.5%, so this research hasachieved the expected level.

Key words: comprehension of the cocept of number, number channel media

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 100