PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN STIK BERGAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI DUKUH PAKIS SURABAYA

  • Priyatin Priyatin
  • Dewi Komalasari

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa sebagian besar anak di PPT Melati belum memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan dengan baik. Hal itu disebabkan karena cara mengajar dan media yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga kegiatan pembelajaran kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui Permainan Stik Bergambar pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data  yang digunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif.

Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1 data yang diperoleh dalam kemampuan mengenal konsep bilangan melalui Permainan Stik Bergambar 45%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak minimal 75%, maka penelitian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian  pada siklus II menunjukkan kemampuan mengenal konsep anak mencapai 79%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Permainan Stik Bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya.

 

Kata Kunci: Konsep Bilangan, Permainan Stik Bergambar.

 

ABSTRACT

 

The background of this research are based on the result that show about how low the children ability to recognized the numeric concept. Especially children at PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya. It is caused by the teachin methd that using the conventional method that makes the children lost their interest. The purpose of this research are to increase the ability to recognized the numeric concept through pictures sticks play activity on children age 3-4 years old at PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya

This research are using the class action method that it is design with repeating cycle form which has 4 steps; planning, action, observation, and reflection. Te subject of this research are children at PPT melati dukuh pakis surabaya that consist of 22 children. The collecting data technique are using the observation and documentation. Wile the analysis data are using the statictical and descriptin technique

Based on the result from the first cycle, the result of the increase about numeric concept through pictures stick activity are only 45%. This data show that the research are still incomplete. So we continue to the second cycle. Based on the result at the second cycle, the increase of the numeric concept through pictures stciks activity are up to 79%. Based on this data, the researcher make a conclusion that stating about through playing Pictures Sticks activity, we can increase the children ability to recognize the numeric concept at PPT Melati Dukuh Pakis Surabaya

Key words: Numeric Concept, Pictures Sticks Playing Activity.

 

Published
2014-06-01
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 1028