MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP SAINS SEDERHANA MELALUI MEDIA MAGNET DI KELOMPOK BERMAIN PERMATA BUNDA DESA KALEN KECAMATAN DLANGGU KABUPATEN MOJOKERTO

  • Mistri Mistri
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Pembelajaran sains anak dalam upaya menumbuhkan kemampuan berpikir sangat memerlukan peran serta dari para pendidik baik orang tua maupun guru. Namun pada kenyataannya, untuk mengembangkan kemampuan anak tentang menyebutkan benda-benda yang ditarik dan tidak ditarik magnet masih mengalami kesulitan, metode yang digunakan untuk menarik perhatian anak untuk pembelajaran sains adalah melalui media magnet. Guru harus punya strategi yang menarik bagi anak, yaitu dengan melibatkan langsung mencari benda-benda yang dapat ditarik dan tidak dapat ditarik oleh magnet pada kegiatan pembelajaran sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains dengan menggunakan media magnet.  Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam siklus berulang. Disetiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok bermain Permata Bunda Kalen, Dlanggu, Mojokerto yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan kemampuan sains pada siklus I diperoleh hasil 60%,karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak belum tercapai, maka penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil peningkatan kemampuan pengenalan sains mencapai 85%. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus II maka dapat disimpulkan bahwa media magnet dapat meningkatkan pengenalan konsep sains pada kelompok bermain Permata Bunda Kalen, Mojokerto.

Kata Kunci : Sains, Media Magnet

 

ABSTRACT

Science learning for children in an effort to cultivate the ability to think really requires the participation of educators both parents and teachers. The fact, to develop the ability of the child mentioned objects drawn and not drawn magnets having difficully. This is a problem that must be solved by the teacher, so that at the time of their science lessons, children are interested, focused, serious and concentrate fully, the teacher must have a strategy that appeals to children, is to involve a direct search for objects that can be drawn and can not be withdrawn by the magnets on science learning activities. The purpose research is to improve the science capability by using magnetic media. In this study using action research designed to cycle repeated. In each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflection. Subjects in this study were children playing Permata Bunda group Kalen, Dlanggu, Mojokerto which consisted of 8 boys and 12 girls. Data collection techniques, consis of observation and documentation, while data analysis using descriptive statistics. Base on the analysis of data science capacity building in the first cycle of data obtained 60%, This suggests the study of this class action have not been successful, so the research continues on the second cycle. In the second cycle the data obtained about upgrading the introduction of science, reaching 85%. Base on the data analysis of the second cycle of the target is reached and the study declared successful. Moreover, it can be concluded that the magnetic media can enhance the introduction of scientific concepts in group play Permata Bunda Kalen, Mojokerto.

Keywords : Science , Magnet Medium   Meningkatkan Pengenalan Konsep Sains sederhana Melalu

Published
2014-11-01
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 88