UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-20 MELALUI MEDIA KOMPUTER PADA ANAK TK. PLUS “TUNAS BANGSA” KELOMPOK B MOJOKERTO

  • maria ulfah
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Salah satu bidang pengembangan di TK adalah bidang pengembangan kognitif. Bidang kognitif umumnya dikembangkan melalui kegiatan berhitung, membilang, mengelompokkan, mengenal bentuk, mengenal konsep angka dan bilangan. Berdasarkan hasil observasi di TK Plus Tunas Bangsa Mojokerto ditemukan 6 anak mampu mengenal konsep bilangan 1-20 dengan baik, sedangkan 8 anak dalam mengenal konsep bilangan 1-20 belum berkembang sesuai harapan. Selama ini dalam pembelajaran sehari-hari metode yang digunakan adalah metode ceramah dan pemberian tugas. Metode tersebut membuat anak menjadi pasif yaitu hanya mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru, sehingga hasil yang diperoleh anak menjadi kurang optimal.Oleh karena itu peneliti menggunakan media komputer dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 melalui media komputer. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Plus “Tunas Bangsa” yang berjumlah 14 anak, yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data pada siklus I diperoleh aktivitas guru sebesar 63%, aktivitas anak sebesar 70% dan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 sebesar 64%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I maka penelitian ini berlanjut pada siklus II, oleh karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak yang diharapkan sebesar > 76% belum tercapai. Pada siklus II diperoleh data aktivitas guru sebesar 84%, aktivitas anak sebesar 81% dan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 sebesar 92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media komputer dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 di TK Plus “Tunas Bangsa” Mojokerto.

Kata Kunci : Konsep bilangan 1-20, Media komputer.

 

ABSTRACT

One of development on kindergarten is kognitif development. Kognitif field generally developed through activity counting, counting, classifying, recognize shapes, recognize numbers and number concepts. Based from the observation result on TK Plus Tunas Bangsa Mojokerto, there are 6 children that can recognize number from 1 – 20 very well, while 8 children still cannot recognize number from 1 – 20 very well. The method that use generally are lecturing method and giving homework method. This kind of method make children acted passively. Because of that, the researcher to use computer with expectation that it can increase the ability to recognize the concept of numbers to children. The purpose of this research is to find out the increase ability of recognize numbers from 1-20 through computer.  This research are using class action as method that design with repeating cycle form. Each cycle has 4 steps; planning, action, observation, and reflection. The subject of his research are children from Tk Plus Tunas Bangsa that consist of 14 children. 6 of them are boys, and 8 of them are girls. The data collecting technique are using observation and documentation. While the anlysis method are using statictical and description method  Based on the first cycle, 63% are teacher’s activity, while 70& are student’s activity, and the increase of recognize numbers abilityonly 64%. Based on this data, the researcher decide to continue the research and move to the second cycle because the result from the first cycle didnt reached the criteria that need at least>76%. On the second cycle, 84% are teacher’s activity, while 81% are student’s activity, and the increase of recognize numbers are increase up to 92%. Based on this data, the result already reached and even surpass the criteria. So the research is succes, and to sum up, computer can increase the ability to recognize number 1- 20 on TK Plus Tunas Bangsa Mojokerto.

Key words: concept of numbers 1-20, computer media

Published
2014-11-01
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 26