PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM KLASIFIKASI BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA BALOK PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PUTRA HARAPAN GUMENG KECAMATAN GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

  • Lia Fajar Purwanti
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Pembelajaran kognitif untuk anak usia dini dalam upaya menumbuhkan kemampuan berfikir klasifikasi sangat memerlukan peran serta dari para pendidik baik dari orang tua maupun guru. Namun pada kenyataannya, untuk mengembangkan kemampuan anak tentang mengklasifikasikan bentuk geometri pada anak  masih mengalami kesulitan. Didalam penelitian ini permasalahan yang mendasar adalah dalam mengembangkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri anak kelompok A PAUD Putra Harapan masih kurang efektif, strategi yang digunakan guru kurang menarik, sehingga kemampuan klasifikasi bentuk geometri anak belum memenuhi hasil yang diharapkan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media balok dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri pada anak kelompok A PAUD Putra Harapan Gumeng Gondang Mojokerto.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktifitas pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri dengan penggunaan media balok.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Putra Harapan Mojokerto yang berjumlah 15anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.

Berdasarkan data pada  siklus I di peroleh aktifitas guru sebesar 70%, aktifitas anak 72% dan hasil kemampuan klasifikasi geometri anak sebesar 64%. Dari hasil data pada siklus I maka penelitian ini berlanjut pada siklus II oleh karena kriteria tindakan yang di harapkan sebesar > 75% belum tercapai.  Pada siklus II diperoleh data  aktifitas guru sebesar 88%, aktifitas anak sebesar 80% dan hasil kemampuan klasifikasi geometri anak sebesar 87%.  Berdasarkan  data pada siklus II maka penelitian ini berhasil dan dapat disimpulkan media balok dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam klasifikasi bentuk geometri pada anak kelompok A PAUD Putra Harapan Gumeng Gondang  Mojokerto.

Kata kunci : Klasifikasi, geometri,  media balok.

 

ABSTRACT

The cognitive learning of childhood in increasing the ability in classifying really needs the important roles either from the parents or the teacher. In fact, to increase the children’s ability in classifying geometrical form is still getting difficulties. In this research, the basic problems were to increase the cognitive ability in classifying the geometrical form at the group A of PAUD Putra Harapan that was still not efective, the uninteresting strategy that is used by the teacher so the children’s ability in classifying geometrical form did not fulfill the KKM 75% that was expected by the teacher. Consequently, the researcher tried to aplly the barmedia to increase the cognitive ability in classifying geometrical form at the group A of PAUD Putra Harapan Gumeng Gondang Mojokerto and to know the activities of teaching learning process in increasing the cognitive ability in classifying geometrical form by using bar media.

This study uses action research is designed in the from af a repeating cycle. In each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation and reflektion. Subjeck in this study were a group A PAUD Putra Harapan kindergarden Mojokerto, which amounts 15 children, which consisted of 9 girls and 6 boys. Data collection techniques used observation and docomentation, while data analysis using descriptive statistics.

The result of this study showed in cycles I theacher observation activity 70%, the observation of children’s activity 71,8% the children’s ability in observing 63,8%, so that the result are not as expected because the target is set 76%. Based on data from the first cycles, this study continues on the second cycles. Result of the analysis cycles II theacher observation activity 87,5%, the observation of children’s activity 80% the children’s ability in classifying 86,6%.. In a result, a teaching learning activity can increase the children’s cognitive abilityin classifying geometrical form by using bar media at group A of PAUD Putra Harapan Gumeng Gondang Mojokerto.

Key words : classifying, geometrical, bar media

Abstract Views: 90
PDF Downloads: 446