MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN MENARI DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA

  • Azmil Mufarrohah
  • Muhammad Reza

Abstract

Motorik kasar adalah bagian dari aktivitas motorik yang mencakup keterampilan otot-otot besar, gerakan ini lebih menuntut kekuatan fisik dan keseimbangan.Gerakan motorik kasar melibatkan aktivitas otot tangan, kaki dan seluruhtubuh anak.Kemampuan motorik kasar anak di Kelompok Bermain Tunas Bangsa Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto belum maksimal. Hal ini terlihat dari anak belum mampu untuk melakukan gerakan melompat dengan menggunakan 2 kaki dan 1 kaki secara seimbang dan sebagai guru yang memiliki tanggung jawab dalam pembelajaran peneliti ingin memperbaharui kondisi tersebut dengan mengadakan penelitian tindakan kelas dengan memberikan kegiatan menari. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui kegiatan menari.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelasyang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Didalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu :perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok bermain Tunas Bangsa yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 60%, hasil observasi aktivitas anak sebesar 57,25%, dan hasil observasi peningkatan kemampuan motorik kasar anak sebesar 60%. Sehingga hasil yang diperoleh belum sesuai harapan karena target yang ditentukan yaitu sebesar 80%. Oleh karena itu penelitian ini berlanjut pada siklus II.Hasil dari analisis data siklus II diperoleh observasi aktivitas guru sebesar 92,8%, observasi aktivitas anak sebesar 82,5%dan observasi peningkatan kemampuan motorik kasar sebesar 90%. Berdasarkan  data pada siklus II maka hasil penelitian berhasil karena sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwapembelajaran dengan kegiatan menari ternyata cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik kasaranak-anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Sooko Mojokerto.

Kata Kunci : Kemampuan motorik kasar, Kegiatan menari.

ABSTRACT

Hard motoric is a part of motoric activity that refers to muscle’s skill, this kind of activity need more effort on the physic and balance. Hard motoric movement include hands activity, legs, and even whole body of the children. Hard motoric ability of the children in Tunas Bangsa Playgroups still not reached its maximum capacity. It is seen from most of the children that still can not do jumping activity with using 2 legs and 1 legs in a balanced and as a teacher who had responsibilities of the learning, the researcher want to renew that condition by having a research with class action with dancing activity. The purpose of the research is to increase the hard motoric ability  through dancing activity.

This research is using class action method that design with cycle repeating form. In every cycle, there will be 4 steps ; planning, action, observation, and reflection. The subject of the research are children from Tunas Bangsa Playgroup that consist of 20m children, the collecting data technique are using observation and documentation, while analysis data technique are using staticial and description.

The result show that on the 1 cycle, we gain the result from the observation , 60% of teacher activity, and 57,25% are observation of the children activity, and the result of the observation of increasing hard motoric ability of the children only get 60%. It means that the research is still not succes yet, so the research are still continue to the second cycle. The result of the data from the second cycle , the result of the observation from the second cycle , 92,8% are observation of the teacher activity, while 82,5% are the observation of the children activity, and 90% are the observation of the increasing of the hard motoric  activity. By these result, we can conclude that learning hard motoric by doing dancing activity are much effective to increasing the hard motoric ability of the children in tunas bangsa Playgroup Mojokerto.

Key words : Hard motoric ability, Dancing activity

Published
2014-11-01
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 42