MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK PUTRA HARAPAN JOMBANG

  • Ayu Husniyatul Laily
  • Dewi Komalasari

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK PUTRA HARAPAN JOMBANG Ayu Husniyatul Laily (diennasruddin@yahoo.com)  (Progam Studi PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya) Dewi Komalasari, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing (Dewikomalasari.satmoko@gmail.com) (Progam Studi PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya)  ABSTRAK  Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, proses pembelajaran kegiatan motorik halus dalam kegiatan menggunting anak usia 5-6 tahun masih rendah terutama dalam kegiatan menggunting anak masih memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk itu salah satu kegiatan yang digunakan untuk meningkatkan motorik halus anak adalah melalui kegiatan menggunting. Penelitian ini bertujuan Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia 5-6 tahun di TK Putra Harapan Jatipelem Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Putra Harapan Jatipelem Diwek Jombang berjumlah 18 anak, yang terdiri atas 11 anak laki-laki dan 7 perempuan. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada siklus 1 mencapai 27 %, untuk itu penelitian ini dilanjutkan pada siklus II karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak belum tercapai. Pada siklus II kemampuan motorik halus mengalami peningkatan sebesar 83 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak di TK Putra Harapan dapat ditinggkatkan melalui kegiatan menggunting dengan metode demonstrasi.

Kata kunci : Motorik, Menggunting Kertas

 

ABSTRACT

Based on observations by researchers, learning fine motor activities in the activities of children aged 5-6 years cutting by demonstration method is average low and the activities of the child still requires many times for cutting This study aims to improve fine motor skills through cutting activity by demonstration method in children aged 5-6 years in kindergarten Putra Harapan Jatipelem Diwek Jombang the child is able to hold and control the scissors in kindergarten Putra Harapan Jatipelem the child is able to cut at the appointed place. Based on data analysis, The collection of data obtained by observations and documentations, practice (cutting activities). The results of this research note that the value in the first cycle reaches an average value 27%. While have on the second cycle increased the value of the average is 83%. Based on researchers the value increase activity TK putra harapan through fine motor skills by demonstration method.

Keywords : motor skills, cutting paper

Published
2013-10-01
Abstract Views: 300
PDF Downloads: 518