MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT PADA KELOMPOK BERMAIN SEKAR ARUM POHJEJER GONDANG MOJOKERT

  • Fransiska Maharani
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Play Group merupakan salah satu bentuk pendidikan yang menyediakan pendidikan bagi anak usia 2 sampai dengan 4 tahun. Dalam meningkatkan pemahaman kemampuan motorik halus anak, guru dapat mengembangkan kemampuan tersebut dengan berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang meningkatkan motorik halus anak adalah melipat dengan media kertas. Melalui kegiatan melipat dapat menstimulasi beberapa aspek perkembangan anak sekaligus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat di Kelompok Bermain Sekar Arum Pohjejer Gondang Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan data pada siklus I di peroleh aktifitas guru sebesar 71%, aktifitas anak 63% dan hasil kemampuan motorik halus anak berdasarkan penelitian sebesar 59%. Penelitian ini berlanjut pada siklus II oleh karena kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak yang diharapkan sebesar > 76 % belum tercapai. Pada siklus II diperoleh data aktifitas guru sebesar 89% aktifitas anak sebesar 76% dan hasil kemampuan motorik halus anak sebesar 76%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak di Kelompok Bermain Sekar Arum Pohjejer Gondang Mojokerto.

Kata kunci : Kemampuan Motorik Halus, Melipat

 

ABSTRACT

Play Group is one form of education that provides education for children aged 2 to 4 years. While learning the most dominant and most appropriate to the age of the child is using the technique of learning strategies "Learning While Developing fine motor" because through developing fine motor skills a child can learn everything. Based on the formula above problems, the objectives of this study were: To determine the improvement of fine motor skills by folding in group B Play Group Sekar Arum Pohjejer Mokokerto. The research method used was action research while analyzing method using the method of mastery of learning outcomes. The subjects were children in group B Sekar Arum Pohjejer Mojokerto. The number of samples taken were 15 children consisting of 6 girls and 9 boys. Data collection techniques used observation and documentation, while the analysis of the data using descriptive statistics. Based on the data obtained in the first cycle of teacher activity 71.4% 63.3% children's activities and results of the ability to fold by 59.1% So the research is still not meet the standard criteria for the action that is> 76%. Therefore remedial action again in the second cycle with the results of the activities of teachers at 89.2% amounting to 76.1% subsidiary activity and the ability to fold the result of 76.6%. Based on the data analysis of the second cycle of the target is reached and the study declared successful. Moreover, it can be concluded that the folding activity can enhance children's creativity using folding activity in group B Play Group Pohjejer the District Rural Sekar Arum Gondang Mojokerto.

Keywords: fine motor skills, Folding

Published
2013-11-01
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 22