MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF A, B, C, MELALUI KARTU GAMBAR DI KELOMPOK BERMAIN AL-A’YUN

  • Ani Kurniawati
  • Muhammad Reza

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A, B, C melalui media kartu gambar di Kelompok Bermain Al-A’yun Ngembeh Dlanggu Mojokerto. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dari 22 jumlah siswa hanya 25% yang dapat mengenal huruf A, B, C dengan baik karena selama ini hanya menggunakan lembar kerja siswa saja. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf A, B, C dilakukan dengan menggunakan media kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf A, B, C di Kelompok Bermain Al-A’yun.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Di setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelasanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Al-A’yun yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknis pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan metode statistik deskrptif.  Berdasarkan analisis data, terlihat peningkatan kemampuan mengenal huruf A, B, C pada siklus 1 sebesar 30%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini belum berhasil karena belum mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%. Sehingga penelitian ini berlanjut pada siklus yang ke-2. Pada siklus 2 diperoleh data mengenai peningkatan kemampuan mengenal huruf A, B, C melalui media kartu gambar mencapai 100%. Berdasarkan analisis data pada siklus yang ke-2 kriteria yang diharapkan telah tercapai dan penelitian ini dinyatakan berhasil. Dari penilitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf A, B, C pada kelompok bermain Al-A’yun dapat ditingkatkan melalui media kartu gambar.

Kata kunci : Mengenal Huruf, Kartu Gambar

Abstract

This research is motivated by learning to improve the ability to know the letters A , B , C through the medium of drawing cards in play groups Al - A'yun Ngembeh Dlanggu Mojokerto . Based on the observations made by the researchers of 22 only 25 % the number of students who can recognize letters A , B , C well as only using only student worksheets . Therefore , to improve the ability to know the letters A , B , C is done by using a media card image . The purpose of this study is to describe the application of image cards can increase the ability to know the letters A , B , C in Al - A'yun Play Group .  This study used classroom action research that is designed in the form of a repeating cycle . In each cycle consists of four phases: planning , pelasanaan , observation , and reflection . The subjects were children of Al - A'yun Play Group consisting of 11 boys and 11 girls . Technical data collection using observation and documentation , while data analysis using statistical methods deskrptif .  Based on data analysis , seen an increase in the ability to know the letters A , B , C in the first cycle by 30 % . This suggests that this research has not been successful because it has not reached the predetermined criteria of success is 80 % . Therefore, this research continues on the 2nd cycle . In cycle 2 data showed an increased ability to recognize the letters A , B , C through the medium of drawing cards reached 100 % . Based on the data analysis cycle 2nd desirable criterion has been reached and the study declared successful . From this research it can be concluded that the ability to recognize letters A , B , C on the Al - A'yun group play can be enhanced through the medium of drawing cards .

Keywords : Knowing Letters, Card Picture

Published
2014-11-01
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 359