PENGARUH ALAT PERMAINAN MONTESSORI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK 1-10 KELOMPOK A KB-TK ARISSKA

  • Sonia Febrianty Noor
  • Sri Widayati

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di KB-TK Arisska Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung 1-10 pada anak kelompok A. Hal ini disebabkan karena pembelajaran di KB-TK ARISSKA kurang memanfaatkan alat permainan untuk dijadikan bahan untuk mengajar. Oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak perlu dilakukan dengan cara yang tepat, yaitu dengan menggunakan alat permainan Montessori. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh alat permainan Montessori terhadap kemampuan berhitung anak 1-10 kelompok A  KB-TK ARISSKA Tropodo kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one-grup pretest-posttest design. Subyek penelitian ini anak kelompok A dengan jumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus Thitung < Ttabel. Jika Thitung < Ttabel maka penelitian ini signifikan adanya pengaruh alat permainan Montessori terhadap kemampuan berhitung anak 1-10.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data tentang kemampuan berhitung anak 1-10 kelompok A pada saat sebelum diberikan perlakuan (pre-test) data yang diperoleh yaitu 53 dan sesudah diberikan perlakuan (post-test) data yang diperoleh yaitu 77. Hasil analisis data uji Wilcoxon diperoleh bahwa Thitung = 0 dan Ttabel = 52 (0<52). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh alat permainan Montessori terhadap kemampuan berhitung anak 1-10 kelompok A di KB-TK Arisska Tropodo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

Kata kunci: Alat permainan Montessori, kemampuan berhitung.

 

Abstract

Research on children in group A in kindergarten Arisska Tropodo District of Waru Sidoarjo regency, motivated by low numeracy skills in children 1-10 group A. This is because learning in kindergarten ARISSKA underutilization game to be used as a tool for teaching. Therefore, to develop numeracy skills children need to be done in the proper manner, that is by using the Montessori game tools. The purpose of this study is to know effect of the tool is there any Montessori game against the numeracy skills of children 1-10 group A kindergarten ARISSKA Tropodo District of  Waru Sidoarjo Regency.

This study used a quantitative research approach to the type of experimental research. Experimental design used is pre-experimental research design with a one-group pretest-posttest design. The subjects of this study a group of children with a number of 20 children. Data collection techniques used were observation. Analysis using the Wilcoxon signed rank test level marked by the formula Thitung < Ttable. If Thitung < Ttable this study significantly influence Montessori game tools against the numeracy skills of children 1-10.

Based on the results obtained data about numeracy skills of children 1-10 group A when administered before treatment (pre-test) data obtained at 53 and after the treatment (post-test) data obtained at 77. Results of the analysis of test data Wilcoxon obtained that Thitung = 0 and Ttable = 52 (0<52). This suggests that Ha is accepted and Ho is rejected. Conclusion the study shows that there is an influence Montessori game tools against the numeracy skills of children 1-10 group A in kindergarten Arisska Tropodo District of Waru Sidoarjo Regency.

Keywords: Montessori game tools, numeracy skills.

Published
2014-10-01
Abstract Views: 288
PDF Downloads: 1100