PENGEMBANGAN MEDIA POHON JERAPAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN BILANGAN PADA KELOMPOK A DI TK YANG TERAKREDITASI A, B, DAN C DI WILAYAH NGORO MOJOKERTO

  • Finna Prasetya Puspitasari
  • Muhammad Reza

Abstract

Pembelajaran di Taman Kanak-kanak menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan bermain seraya belajar. Dalam bermain, anak bermain menggunakan media dan tanpa menggunakan media. Kegiatan bermain ini memberikan rasa senang dan gembira bagi anak apabila dilengkapi dan difasilitasi dengan tersedianya beragam jenis alat permainan. Kurangnya media pembelajaran yang inovatif serta keterbatasan jumlah media pembelajaran yang ada, seringkali menjadi penyebab tidak optimalnya proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan sebuah permainan yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Pengembangan media permainan pohon jerapah ini adalah modifikasi dari permainan ular tangga. Berdasarkan observasi awal media yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari berupa LKA dan beberapa media pembelajaran lainnya. Kemampuan perkembangan anak pada pengenalan bilangan belum sesuai dengan PERMENDIKNAS nomor 58 tahun 2009. Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media guna mempermudah anak dalam memahami pembelajaran terutama dalam pengenalan bilangan untuk anak TK kelompok A di Wilayah Kecamatan Ngoro Mojokerto.Jenis penelitian Pengembangan ini adalah Penelitian Kualitatif yang menggunakan model pengembangan Sugiyono. Subjek yang digunakan yaitu 7 TK, dengan 1 TK sebagai uji coba produk dan 6 TK sebagai uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi sedangkan analisis data menggunakan Analisis deskriptif persentase.Hasil validitas dari ahli media dan ahli materi tentang media pohon jerapah yang dikembangkan menghasilkan kategori sangat baik, media yang dikembangkan baik dan bisa digunakan karena persentasenya diantara 76% - 100%. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada uji coba pemakaian produk, sebelum dan sesudah dilakukan terdapat perbedaan. Hal ini terlihat dari kondisi sebelum diterapkan yaitu terdapat 7 anak yang kurang mampu mengenal bilangan dan setelah diterapkan berkurang menjadi 3 anak, 8 anak berkurang menjadi 3 anak, 10 anak berkurang menjadi 4 anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media permainan pohon jerapah dapat membantu guru dalam meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada kelompok A di TK yang terakreditasi A, B dan C di Wilayah Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto.Kata kunci: media, pengenalan bilangan.AbstractLearning in the kindergarten uses studying while playing or playing while studying principal. In playing, children play with or without any media. This playing activity gives happy and glad feeling for children if completed and facilitated with many playing tools that available to use. The less of innovative learning media and the limited learning media often make the learning process in the school is not running optimally. So, the researchers develop a play that can be used in learning process. This developing giraffe tree media is modification of snake ladder. Based on the first observation media that used in daily activity such as LKA and some of the others learning media. The development ability of children in recognizing number PERMENDIKNAS 58 2009. This development research aim to create a media to simplify the children to understand the learning especially in recognizing number for group A kindergarten children in Ngoro Mojokerto sector.The type of this development research is qualitative research that uses developing model of Sugiyono. The subject that used is 7 kindergartens with 1 kindergarten as product trial and 6 kindergartens as game trial. The collecting data method uses observation by observation value paper and the data analyze uses percentages descriptive analyze.The validity result from giraffe tree media expert and matter expert that developed get very good category. The media that developed is good and be able to be used because the percentage is between 76% - 100%. Based on the observation result that done in the use product trial, before and after done has differential. This can be seen from the condition before applicated there are 7 children that less in recognizing number and after applicated decries in 3 children, 8 children decries in 3 children, 10 children decries in 4 children. Based on the research result can be concluded that giraffe tree game media can assist the teacher in increase the ability to recognize number in group A kindergarten that accredited A, B, and C in Ngoro Mojokerto sector.Keyword: media, recognizing number.
Published
2014-11-01
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 78