PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KERETA BERNOMOR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN KEBOMAS GRESIK

  • Yuniar Dwi Nilam Palasari
  • Mas’udah Mas’udah

Abstract

Penelitian pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Kebomas Gresik dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung permulaan pada anak. Hal ini disebabkan karena  kurangnya kreativitas media pembelajaran yang digunakan guru. Solusi yang tepat untuk permasalahan yang dihadapi oleh TK Dharma Wanita Persatuan yaitu dengan menggunakan media kereta bernomor. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media kereta bernomor terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian “one group pretest-postest design”. Subjek penelitian ini berjumlah 25 anak. Teknik pengumpulan data mengguanakan observasi dengan alat penilaian berupa observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan rumus  uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon match pairs test).

Berdasarkan hasil analisa data diketahui skor  pre test adalah 221 dan skor  post test adalah 303. Uji jenjang bertanda bertanda Wilcoxon diperoleh hasil T tabel adalah 325. Jika  Thitung < Ttabel (0 < 89), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media kereta bernomor terhadap kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Kebomas Gresik.

 

Kata kunci : Kemampuan berhitung permulaan, Media kereta bernomor.

 

Abstract

 

This research on child B group of Dharma Wanita Persatuan Kebomas kindergarten, Gresik city based on  the fact that the children’s calculation skills beginning is still low. This is because of a lack of creativity media learning used the teacher.  The right solution for the problems by dharma wanita persatuan kindergarten that is by using the numbered train media.  The purpose of this study is determining whether the influence of using train numbered media to the children’s calculation skills beginning.

This research was quantitative research design "One Group Pretest-Posttest Design". The research subject is 25 children. Methods of data collection using observation with a judgment in form of sheets observation. The data analysis uses non parametric statistic (Wilcoxon Matched Pair Test).

Based on the data analysis known score pre test is 221 and score post test is 303. Test level marked marked wilcoxon obtained the result Ttable is 325. If Thitung < Ttabel ( 0 < 89 ), then ha accepted and ho rejected. Based on the result of the study can be inferred that there is significant influence on the use of the numbered train media against calculation skills beginning of the child B group Dharma Wanita Persatuan Kindergarten Kebomas Sub-District Gresik City

.

Keywords: The calculation skills beginning, The numbered train media.

 

Published
2014-11-01
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 17