PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT KERTAS ASTURO PADA ANAK KELOMPOK A TK DEWI SARTIKA

  • Sutiani Sutiani
  • Sri Widajati

Abstract

Penelitian pada anak kelompok A di TK Dewi Sartika Pule Modo Lamongan dilatarbelakangi oleh adanya kemampuan motorik halus anak usia dini yang kurang terutama dalam hal kemampuan memegang kertas, menjimpit dengan ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah, menekan lipatan dengan ujung-ujung jari, melipat sesuai bentuk sehingga perlu adanya kegiatan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan motorik halus anak adalah kegiatan melipat dan kegiatan ini menggunakan kertas khusus yaitu kertas asturo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas asturo.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah kelompok A TK Dewi Sartika Pule Modo Lamongan yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh data kemampuan motorik halus anak sebesar 53%. Hal ini menunjukkan siklus I belum berhasil karena belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan yang diharapkan yaitu ≥ 75%. Oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian siklus II diperoleh kemampuan motorik halus anak sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian siklus II maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan melipat kertas asturo dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.

Kata kunci: kemampuan motorik halus, melipat kertas asturo.

ABSTRACT

Research on children in kindergarten group A Goddess Sartika Pule Modo Lamongan motivated by the fine motor skills were lacking early childhood, especially in terms of ability to hold the paper, menjimpit with the thumb, forefinger, and middle finger, press the crease to the fingertips, folded according to the form so that the need for action to improve children's fine motor skills. One of the activities that can improve fine motor activities children are folded and this activity using a special paper that is paper asturo. The purpose of this study was to determine the child's fine motor improvement through paper folding activities asturo.  This study used classroom action research that is designed in the form of a repeating cycle consisting of four phases: planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were a group of kindergarten Goddess Sartika Pule Modo Lamongan totaling 15 children. Data collection techniques in this study using observation data analysis techniques while using descriptive statistics.  sBased on the results obtained in the first cycle of data fine motor abilities by 53%. This shows the first cycle is not successful because it has not reached the expected success criteria measures are ≥ 75%. Therefore, this study continues on the second cycle. The results of the second cycle of research acquired fine motor abilities by 88%. Based on the results of the second cycle of research it can be concluded that asturo paper folding activity can improve children's fine motor skills.

Keywords: fine motor skills, asturo paper folding

Published
2014-11-01
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 77