PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK AELI JALAN NGAGEL JAYA SELATAN III/ 18 KOTA SURABAYA

  • Aulia Devi Febriana
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Dalam proses pendidikan, pengembangan kemampuan berbicara merupakan hal dasar yang perlu dikembangkan. Kemampuan berbicara merupakan modal utama bagi anak untuk mengikuti proses pembelajaran dalam setiap jenjang pendidikan. Pada usia 5-6 tahun yang menjadi kekhawatiran orangtua apabila anak-anaknya belum mampu berbicara dengan lancar. Oleh sebab itu, banyak orangtua yang menuntut sekolah untuk memberikan materi pembelajaran yang lebih banyak dalam aspek kemampuan berbicara. Masalah yang muncul pada anak di TK AELI Surabaya adalah materi pembelajaran lebih menekankan pada bahasa asing (Inggris dan Mandarin) daripada bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan berbicara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flipchart pada anak kelompok B di TK AELI Jalan Ngagel Jaya Selatan III/ 18 kota Surabaya.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Postest design, yaitu dengan memberikan perlakuan terhadap kemampuan berbicara anak menggunakan media pembelajaran flipchart. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK AELI Surabaya yang berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon Match Pairs Test.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung < Ttabel (0 < 0,06), pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran flipchart secara signifikan mempengaruhi kemampuan berbicara anak kelompok B di TK AELI Jalan Ngagel Jaya Selatan III/ 18 Kota Surabaya.

Kata kunci: Flipchart, Kemampuan berbicara

Abstract

In the process of education, the development of the ability to speak is the basic things that need to be developed. The ability to speak is the basic need to follow the learning process in every level of education. At the age of 5-6 years old who became parental concern when their children haven’t been able to speak fluently. Therefore, many of the parents who demanded the school to deliver lessons that are denser in the aspect of the ability to speak. The cause of these problems because of the lack of media studies used by AELI Kindergarten teachers and favorably to foreign language (English and Mandarin) more than Indonesian language. This research is to acknowledge and describe the ability to speak before and after the learning media flipchart is used for Kindergarten-2 at AELI Kindergarten Ngagel Jaya Selatan III Street number 18 Surabaya City.

This research is using pre-experimental design (non design) with the type of one group pretest-posttest that observes the growth of a child language capability before and after the treatment by applying flipchart. Observation and documentation is used for data gathering technique by taking 9 children of kindergarten-2 as the subjects at Ngagel Jaya Selatan III Street number 18 Surabaya City. As for the data analysis technique is used non-parametric statistic with Wilcoxon Match Pairs Test.

Thitung < Ttabel (0 < 0,06) is the outcome based on the calculation result that is taken from the research process. Therefore, the research hypothesis that is said the influence of flipchart as a learning media to the speaking capability of kindergarten -2 children of Ngagel Jaya Selatan III Street number 18 Surabaya City is accepted.

Key Words: Flipchart, the ability to speak
Published
2014-11-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 173