PENGGUNAAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK USIA 3-4 TAHUN PADA PLAY GROUP TUNAS BANGSA SOOKO MOJOKERTO

  • ASRI RODIYAH

Abstract

Metode bercerita merupakan metode untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak, sedangkan fungsi bercerita adalah membantu perkembangan kemampuan bahasa anak dengan menambah perbendaharaan kosakata, mengucapkan kata-kata, melatih merangkai kalimat yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Metode bercerita dipilih penulis karena metode bercerita memiliki keutamaan antara lain mengkomunikasikan nilai-nilai budaya, mengkomunikasikan nilai-nilai sosial, mengkomunikasikan nilai-nilai agama, membantu mengembangkan fantasi anak, membantu mengembangkan kognitif anak dan membantu mengembangkan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan kosakata anak pada Play Group Tunas Bangsa Sooko Mojokerto. Diharapkan kemampuan kosakata anak dapat berkembang dengan baik/ cepat sesuai usia anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Action Reseach) yang bertujuan untuk mendiskripsikan proses pelaksanaan penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kosakata anak pada Play Group Tunas Bangsa Mojokerto, untuk mendeskripsikan keefektifan metode bercerita untuk meningkatkan kosakata anak pada Play Group Tunas Bangsa Mojokerto. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian PTK ini dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Dari penelitian ini ada peningkatan kemampuan kosakata pada anak. Peningkatan kemampuan kosakata anak mulai dari siklus I sampai siklus II ini Nampak terlihat pada hasil prosentase pada masing-masing siklus sebesar 15,4% (80%-64,6%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kosakata dapat ditingkatkan melalui metode bercerita

Kata kunci:metode bercerita, kosakata

Abstract

Storytelling method is a method to develope children’s language skills which functions to help improving children’s language skills by increasing vocabulary, pronouncing words, practicing arrange sentences in accordance with their development stage. The researcher chose storytelling method has several important roles which are to communicate cultural values, communicate social and religious values, moreover this method is able to help children developing ther imagination, cognitive and language. This study aimed to find out how much storyelling method could enrich the vocabulary of children at play Group Tunas Bangsa Mojokerto. It was expected that this method could develop children language skills quickly in accordance with their age. This research was a classroom action reseach that aimed to describe the implementation of the storytelling method to enrich the vocabulary of children at Play Group Tunas Bangsa Mojokerto, and to describe the effectiveness of storylling method to enrich the vocabulary of children at the Play Group Tunas Bangsa Mojokerto. Researcher used descriptive qualitative data analysis technique. This class action research was conducted in two cycles and each cycles consisted of two meetings. From the result of the study, there was an enrichment of vocabulary skills of children. The enrichment of children’s vocabulary skills ranged from cycle I to cycle II could be seen on the percentage of each cycles which was 15,4%(80%-64,6%). Based on the result of this research can be concluded that vocabulary skills can be enriched through storytelling method.

keywords: storytelling method, vocabulary skill

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 359
PDF Downloads: 3484