PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI KELOMPOK B TK SALSABILA KECAMATAN PAKAL SURABAYA

  • SURANI
  • Mas'udah Mas'udah

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaandengan menggunakan media kartu kata bergambar bagi kelompok TK B dan mendeskripsikanpenerapan media kartu kata bergambar Penelitin ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan,pelaksanaan tindakan dan observasi, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah anak kelompok B TKSalsabila Surabaya. Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktifitas guru dalam mengelolapembelajaran menggunakan media kartu kata membaca permulaan sangat baik. Kesimpulan daripenelitian ini adalah penerapan pembelajaran penggunaan media kartu kata bergambar bagikelompok B di TK Salsabila Surabaya.

Kata Kunci : Kartu kata Bergambar dan membaca permulaan.

Abstract

The purposes of this research are to improve the reading skill for beginners by using pictorialcards media for B group children at kindergarten and to describe the use of pictorial card media.This research is a classroom action research by using two cycles. Each cycle consist of four step:There are planning, treatment, observation, and reflection. The objects of this research are Bgroup children at Salsabila kindergarten Surabaya. The data are collected from the observationof teachers’ activity in conducting learning process of reading for beginners by using pictorialcards media is very good. The conclusion of this research is the use of pictorial card media canimprove children’s reading skill for beginners at B group of TK Salsabila Surabaya.

Keywords: Picture word cards and read the beginning.

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 22