UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR di KELOMPOK B TK KARTIKA IV-9 SURABAYA

  • Indah Kridandari
  • Rachma Hasibuan

Abstract

Anak usia 2-7 tahun berada pada tahapan perkembangan praoperasional. Pada tahap ini anak mulai mempresentasikan sesuatu dengan kata dan gambar, yang merefleksikan peningkatan pemikiran secara simbolis dan melampaui koneksi informasi inderawi dan tindakan fisik (Santrock, 2002: 228). Penelitian di kelompok B TK Kartika IV-9 Surabaya ini dilatar belakangi oleh keterampilan berbahasa anak yang masih rendah. Hal ini terbukti dari antusias anak tidak tampak, media pembelajaran yang digunakan monoton sehingga anak cenderung ramai dan berbicara sendiri ketika kegiatan pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan anak dan hasil keterampilan berbahasa anak melalui penggunaan media buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus terdiri atas 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, observasi, pelaksanaan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 TK Kartika IV-9 yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh data aktivitas guru sebesar 58%, aktivitas anak sebesar 52% dan hasil keterampilan berbahasa anak sebesar 46,6%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak adalah ≥ 75% belum tercapai, maka penelitian ini berlanjut pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data aktivitas guru meningkat sebesar 85%, aktivitas anak sebesar 77% dan hasil keterampilan berbahasa anak sebesar 86,6%. Berdasarkan analisis data pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan keterampilan berbahasa anak di kelompok B TK Kartika IV-9 Surabaya.

Kata Kunci: Keterampilan Berbahasa, Buku Cerita Bergambar

Abstract

Children aged 2-7 years are at a stage of development of the praoperasional. At this stage children begin to present something with words and images, which reflect improvements in thinking symbolically and exceed the sensorial information connections and physical action (Santrock, 2002: 228). Research on Group B TK Kartika IV-9 is effected by the Surabaya speaking skills of children who are still low. This is evident from enthusiastic children apparent, learning media use monotonous so children tend to be crowded and speak for themselves when the learning activity. Based on the research objectives of this problem to describe the activity of the teacher and the child and the child's language skills outcomes through the use of media picture story book. This research uses a type of class action research (PTK) designed in the form of a cycle consists of two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. The subject is a child group B1 TK Kartika IV-9 of 15 children. This data collection using the techniques of observation and documentation, While the analysis of the data using descriptive statistics.  Results of the research on cycle I retrieved the data activity teacher of 58%, 52% of children's activities and outcomes of children's language skills of 46.6%. This research shows this class action has not been successful because the criterion level of achievement of the child's development is the 75% is not reached, then this research continues to cycle II. On cycle II retrieved data teacher activity increased by 85%, 77% of children's activities and outcomes of children's language skills 86,6%. Based on an analysis of data on cycle II can be concluded that the use of a picture story book media can increase children's language skills in Group B TK Kartika IV-9 in Surabaya.

Keywords: Language Skills, A Picture Story Book

Published
2014-11-01
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 534