PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI BERMAIN EDUKATIF BALOK WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN TUNAS BANGSA

  • Sukinten Sukinten
  • Sri Widayati

Abstract

Kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Tunas Bangsa masih tergolong rendah dalam menyebutkan, mengurutkan pola, mengelompokkan warna yaitu di bawah 75% dari hasil yang diharapkan guru. Permasalahan ini disebabkan kegiatan untuk mengenal warna hanya dilakukan melalui kegiatan mewarnai menggunakan crayon dan bercerita dengan gambar saja. Oleh sebab itu maka dilakukan tindakan dengan bermain edukatif balok warna yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan anak dalam mengenal warna melalui bermain edukatif balok warna pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Tunas Bangsa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus yang berulang, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Tunas Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang yang berjumlah 17 anak.Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan tehnik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh data kemampuan anak mengenal warna sebesar 56%. Penelitian ini belum sesuai dengan kriteria pencapaian tingkat perkembangan anak yaitu ≥ 75%. Oleh sebab itu, penelitian berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh kemampuan anak dalam mengenal warna meningkat sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain edukatif balok warna dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Tunas Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang.

Kata kunci: mengenal warna, bermain edukatif, balok warna.

ABSTRACT

The ability to recognize colors in children aged 3-4 years in Group Play Tunas Bangsa still relatively low in the states, sort pattern, color grouping that is below 75% of the expected results of teachers. This problem is caused activity to get to know the color is only done through the use of crayons and a coloring activity to tell by pictures alone. Therefore the action by playing educational blocks of color that aim to improve the color recognize ability. This study was conducted to describe the children's ability to recognize colors through play educational color blocks in children aged 3-4 years in Group Play Tunas Bangsa.  This study uses action research is designed in the form of repeated cycles, each cycle consisting of four stages: planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were preschool children Tunas Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang totaling 17 anak.Tehnik using observation data collection and data analysis techniques using descriptive statistics.  The results of the study in the first cycle of data obtained by the child's ability to know the color by 56%. This study does not meet the criteria of the achievement level of the child's development that is ≥ 75%. Therefore, research continues on the second cycle. The results obtained in the second cycle studies children's ability to recognize colors increased by 90%. Based on these results we can conclude that the play instructive color beams can improve the color recognize ability in children aged 3-4 years in Group Play Tunas Bangsa Plabuhan Plandaan Jombang.

Key words: get to know the color, playing educational, beam color

Published
2014-11-01
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 18