PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DASAR DI SPS AL-MUTTAQIN JOMBANG

  • Wiwik Chabibah
  • Sri Widayati

Abstract

Penelitian pada anak usia 3-4 tahun di SPS Al-Muttaqin Kesamben Jombang dilatarbelakangi oleh  adanya kemampuan motorik halus anak usia dini yang kurang, terutama dalam hal kemampuan memegang gunting, menggerakkan gunting, serta menggunting sesuai dengan pola garis tegak, miring dan lengkung.  Oleh karena itu,  tindakan peningkatan kemampuan motorik halus perlu dilakukan melalui kegiatan menggunting dasar yaitu menggunting yang memperhatikan tahapan dasar menggunting untuk anak usia dini. Penelitian bertujuan sejauh mana  kegiatan menggunting dasar  dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun.

Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun SPS AL-MUTTAQIN Kesamben Jombang yang berjumlah 17 anak. Teknik  pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif .

Hasil penelitian pada siklus I di peroleh data kemampuan motorik halus anak sebesar 45%. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil oleh karena belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan sebesar > 75%. Oleh sebab itu penelitian ini berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh kemampuan motorik halus sebesar 94%. Berdasarkan hasil penelitian siklus II maka dapat disimpulkan  kegiatan menggunting dasar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di SPS Al-Muttaqin Kesamben Jombang.

Kata kunci: menggunting dasar, motorik halus, anak usia 3-4 tahun

 

ABSTRACT

Research in children aged 3-4 years in SPS Al-Muttaqin Kesamben Jombang motivated by the fine motor skills of early childhood are lacking, especially in terms of ability to hold scissors, scissors move, and cut according to the pattern of straight lines, oblique and curved. Therefore, measures the increase in the fine motor skills necessary to cut through the base shearing cut that takes into account the basic stages of early childhood. The research aims to the extent of cutting out the basic activities can improve fine motor skills in children aged 3-4 years.

This study uses action research conducted in the form of a cycle. Each cycle consists of planning, action, observation, reflection. The study subjects were children aged 3-4 years SPS AL-muttaqin Kesamben Jombang totaling 17 children. Data collection techniques in this study using observation, while the engineering data analysis used descriptive statistics.

The results of the study on the first cycle in the data obtained fine motor abilities by 45%. This suggests the study of this class action have not been successful because the action has not reached success criteria of> 75%. Therefore, this study continues on the second cycle. Research results obtained in the second cycle of fine motor skills by 94%. Based on the results of the second cycle of research it can be concluded basic cutting activities can enhance fine motor skills of children aged 3-4 years in SPS Al-Muttaqin Kesamben Jombang.


Keywords: basic cutting, fine motor skills, children aged 3-4 years



Published
2014-11-01
Abstract Views: 292
PDF Downloads: 1050