PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A RA TUNAS HARAPAN BANGSA SUKODONO SIDOARJO

  • SUSEN MELIA AGUSTIN
  • Mas'udah Mas'udah

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan media gambar dapat meningkatkanpemahaman konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A RA Tunas Harapan Bangsa. Penelitian ini merupakanjenis penelitian tindakan kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini metode yang digunakanadalah metode observasi. Setiap siklus ada dua kali pertemuan. Dan pada pertemuan kedua, dilakukan kegiatanevaluasi pada kegiatan observasi. Pada siklus I dan siklus II yang dibahas adalah membilang bilangan 1-10,mengurutkan bilangan 1-10 dan menunjukkan gambar dengan angka 1-10 yang sesuai. Dalam penelitian inipengumpulan data yang diperoleh menggunakan prosentase. Pada siklus II, skor meningkat menjadi 84%. Atau16 dari 31 anak telah mencapai nilai > 76%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapatmeningkatkan pemahaman konsep bilangan 1-10 pada kelompok A RA Tunas Harapan Bangsa SukodonoSidoarjo.

Kata Kunci : media gambar, pemahaman konsep bilangan 1-10

Abstract

This research aims to know the use of picture which can improve the children’s comprehension of numeric 1-10concept at A group of RA Tunas Harapan Bangsa. This research is a classroom action research which isconducted in two cycles. The method used in this research is observation. Each cycle consists of two meetings. Itwas an evaluation of the observation in the second cycle. The first and second cycles talked about countingnumber 1-10, arranging number 1-10, and showing the picture by using the appropriate number 1-10. The datacollecting technique used in this research is percentage. The score becomes 84% in the second cycle. There are16 among 31 students can get score 76%. It shows that the use of picture can improve the students’comprehension of numeric concept 1-10 at A group RA Tunas Harapan Bangsa Sukodono Sidoarjo.

Keywords : picture, comprehension of numeric 1-10 concept

Published
2013-01-01
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 703